visitaaponce.com

Daya Fest 2023 Bentuk Komitmen BTPN untuk Pembangunan Berkelanjutan

Daya Fest 2023 Bentuk Komitmen BTPN untuk Pembangunan Berkelanjutan
Bank BTPN kembali menggelar festival Daya Fest 2023 yang berlangsung di Jakarta, pada 12-13 Desember 2023.(Ist)

Bank BTPN kembali menggelar festival Daya Fest 2023 yang berlangsung pada 12-13 Desember 2023. Mengusung tema Sebuah pemberdayaan untuk kehidupan berkelanjutan yang lebih berarti, rangkaian acara Daya Fest 2023 jadi salah satu wujud komitmen Bank BTPN dalam penerapan pembangunan keberlanjutan.

Hal itu tak lepas dari peran serta pemangku kepentingan eksternal yang berbisnis atau berinteraksi dengan Bank BTPN. Juga, melakukan edukasi untuk memperluas pemahaman topik keberlanjutan bagi masyarakat.

Baca juga: Sinar Mas Land Implementasikan Prinsip ESG di setiap Proses Bisnis

"Bank BTPN memiliki Program Daya yang merupakan manifestasi visi Bank BTPN untuk memberikan perubahan berarti bagi berjuta rakyat Indonesia."

"Hadirnya Daya Fest sebagai kegiatan rutin tahunan ini adalah sebuah perayaan pemberdayaan untuk menjadikan aktivitas pemberdayaan menjadi sebuah gerakan,” ungkap Direktur Kepatuhan dan Legal Bank BTPN Dini Herdini, melalui keterangannya, Rabu (13/12).

Program Daya merupakan salah satu unique value proposition (UVP) atau nilai unik yang dimiliki Bank BTPN. Bank BTPN mendefinisikan pemberdayaan sebagai upaya untuk membangun kemampuan masyarakat, membangkitkan kesadaran atas potensi yang dimiliki dan berupaya untuk mengembangkan potensi itu menjadi suatu tindakan nyata. Tindakan nyata tersebut akan berkontribusi pada pembangunan nasional.

Baca juga: Contoh 7 Peluang Usaha yang Bagus di Tahun 2024

Sejak 2011, Bank BTPN berkomitmen membangun bisnis berkelanjutan. Daya kini memiliki empat pilar yaitu pengembangan kapasitas diri, literasi keuangan, peningkatan kapasitas usaha, dan kehidupan berkelanjutan.

"Digitalisasi yang gencar oleh Bank BTPN difokuskan untuk meningkatkan efisiensi dan integrasi berkelanjutan dalam aspek ekonomi, lingkungan, sosial, dan tata kelola dalam keputusan bisnis," ujar Dini.

Komitmen berkelanjutan itu pun tercermin pada rangkaian acara dalam Daya Fest 2023 di Jakarta kali ini. Pertama, Bank BTPN menghadirkan Festival Pemberdayaan yakni para peserta dapat mengikuti sesi workshop dalam seminar pemilahan sampah. Hal ini dilatarbelakangi dari fakta bahwa belum optimalnya pengelolaan sampah kertas di Indonesia.

“Merujuk pada data Kementerian Lingkungan Hidup (LHK) 2020, setiap tahun Indonesia menghasilkan sampah sebanyak 34,5 ton dan 12% dari jumlah sampah tersebut adalah kertas. Dari jumlah itu, sebanyak 43% limbah kertas belum terkelola. Padahal kebutuhan industri atas sampah kertas dan plastik mencapai 7,6 ton per tahun,” ujar Dini.

Baca juga: Baru 42 Produsen yang Miliki Peta Jalan Pengurangan Sampah

Melalui workshop ini, lanjut dia, Bank BTPN turut menyosialisasikan dua inisiatif penanggulangan sampah. Di antaranya reuse dengan cara memanfaatkan kertas atau koran jadi pembungkus kado ataupun kardus bekas untuk menyimpan barang saat melakukan pengiriman.

Inisiatif kedua ialah dengan recycle yakni memisahkan kertas atau plastik dengan sampah organik dan anorganik lainnya agar tidak terkontaminasi air dan bahan organik, yang selanjutnya dapat diubah menjadi berbagai bentuk produk kertas atau plastik baru.

Pada praktiknya, Bank BTPN juga meresmikan penempatan tempat sampah pilah yang selanjutnya diletakkan di beberapa lantai di Menara BTPN antara lain lantai dasar dan lantai 27. Barang-barang bekas itu akan diambil organisasi pegiat lingkungan yang sudah bekerja sama.

Selain itu, Bank BTPN kembali menghadirkan bazar tahunan Selendang Mayang sebagai apresiasi bagi nasabah dan pelaku UMKM binaan Bank BTPN.

“Kami berharap Daya Fest 2023 ini dapat menjadi aksi kecil yang nyata untuk menjaga bumi agar tetap lestari bagi generasi masa depan. Bank BTPN juga terus berupaya menjunjung tinggi prinsip berkelanjutan dalam setiap langkah bisnis  demi menciptakan kehidupan berkelanjutan yang lebih berarti bagi jutaan masyarakat,” tutup Dini. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat