visitaaponce.com

Grup MindID Sukses Pangkas Emisi 618,5 Ton Selama Januari-Oktober Melalui PLTS

Grup Mind ID Sukses Pangkas Emisi 618,5 Ton Selama Januari-Oktober Melalui PLTS
PLTS Jalan Tol Bali Mandara yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA).(Ist)

BUMN Holding Industri Pertambangan Minda ID melalui salah satu anggotanya, PT Bukit Asam Tbk (PTBA), berhasil memangkas emisi hingga 618,5 ton CO2 ekuivalen (tCO2e) di sepanjang Januari-Oktober 2023. Jumlah tersebut setara dengan menanam 847 pohon.

Keberhasilan ini terjadi berkat pembangunan dua Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dibangun PT Bukit Asam Tbk (PTBA). Dua PLTS itu adalah PLTS Jalan Tol Bali Mandara dan PLTS di Gedung AirportOperationControl Center (AOCC) Bandara Soekarno-Hatta.

“Sebagai bagian dari Grup MIND ID, PT Bukit Asam Tbk mendukung pencapaian target Net Zero Emission pada 2060 dari pemerintah. Oleh sebab itu, perusahaan melalukan transformasi dengan memperluas pembangkit listrik berbasis energi baru dan terbarukan (EBT),” kata Sekretaris Perusahaan MIND ID, Heri Yusuf dalam keterangan, Jumat (22/12/2023).

Baca juga: Grup Mind ID Bantu Tingkatkan Panen Petani dengan Membangun PLTS

Pengembangan EBT merupakan wujud konkret dukungan perusahaan pada transisi energi. Hal ini sejalan dengan visi perusahaan yang ingin menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan.

Sementara itu, rincian total pemangkasan emisi hingga 618,5 ton berasal dari PLTS di Jalan Tol Bali Mandara berkapasitas 400 Kilowatt-peak (kWp) yang berhasil mengurangi emisi sebanyak 414,1 tCO2e hingga Oktober 2023. Angka tersebut setara dengan menanam 567 pohon.

Pada periode yang sama, PLTS Gedung AOCC Bandara Soetta berhasil memangkas emisi 204,4 tCO2e yang setara dengan menanam 280 pohon.

Baca juga: Dukung Hilirisasi, Mind ID Resmikan Smelter Tembaga di Gresik 

Terkait produksi listrik, PLTS Tol Bali Mandara mencapai 524.197,8 kWh selama Januari-Oktober 2023, sedangkan PLTS Gedung AOCC Bandara Soetta menghasilkan listrik 258.741,8 kWh.

Untuk diketahui, PLTS di Gedung AOCC Bandara Soetta dibangun melalui kerja sama PT Bukit Asam Tbk dengan PT Angkasa Pura II (Persero). Pembangkit ini telah beroperasi penuh sejak 1 Oktober 2020.

Baca juga: Andalkan Desa Meat Eco Cultural Tourism, PT Inalum Targetkan Raih PROPER Emas

Adapun pengembangan PLTS Tol Bali Mandara merupakan hasil sinergi PT Bukit Asam Tbk dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. PLTS ini diresmikan pada 21 September 2022.

Pada 24 Februari 2023, PT Bukit Asam Tbk dan Jasa Marga melakukan penandatanganan perpanjangan Nota Kesepahaman (MoU) untuk PLTS di wilayah jalan tol lainnya yang berada di dalam pengelolaan Jasa Marga Group.

PT Bukit Asam Tbk berupaya untuk terus mengoptimalkan potensi-potensi yang ada melalui sinergi dengan berbagai pihak agar bisa terus berkontribusi dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan. (RO/S-4)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat