visitaaponce.com

TKA asal Tiongkok Menjamur, Timnas Amin Kritik Luhut

TKA asal Tiongkok Menjamur, Timnas Amin Kritik Luhut
Ratusan Tenaga Kerja Asing asal Tingkok membanjiri Bandara Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara.(Antara)

Juru bicara Tim Nasional Pemenangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Amin), Hasreiza, mengkritik Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, atas membanjirnya tenaga kerja asing (TKA) di Indonesia. Ia menduga berbondong-bondongnya TKA terutama asal Tiongkok, menjadi bagian dalam perjanjian investasi.

"Jangan juga setiap investasi mereka yang masuk ke Indonesia, harus disertai dengan tenaga kerja yang mereka bawa dari negerinya. Ini mengurangi kesempatan kerja dari anak bangsa kita sendiri," ujar Reiza melalui keterangan tertulsi, Minggu (24/12).

Menurut dia, kehadiran TKA dari Negeri Tirai Bambu mesti benar-benar dikendalikan. Mengutip data Kementerian Ketenagakerjaan, TKA dari Tiongkok mendominasi jumlah tenaga kerja dari luar negeri.

Baca juga: Anies Tegaskan Tak Boleh ada Pekerja Asing Ilegal di Indonesia

"Per September 2023, tenaga kerja dari Tiongkok itu mendominasi tenaga kerja asing yang bekerja di Indonesia, yakni sebesar 57.738 atau 48%," kata Reiza.

Di sisi lain, dia mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) yang membeberkan jumlah pengangguran di Indonesia mencapai 7,86 juta pada Agustus 2023. Artinya, kata Reiza, warga Indonesia sendiri masih membutuhkan lapangan kerja.

Baca juga: Diminta Usir TKA Tiongkok, Ganjar: Kalau Diusir, Kamu Bisa Gantikan?

"Penggunaan tenaga kerja dari Tiongkok terlalu besar dan hal ini dianggap tidak sebanding dengan besar investasi mereka yang masuk ke Indonesia. Semua itu justru merebut lapangan kerja dari anak bangsa kita sendiri," tandasnya. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat