visitaaponce.com

Anies Tegaskan Tak Boleh ada Pekerja Asing Ilegal di Indonesia

Anies Tegaskan Tak Boleh ada Pekerja Asing Ilegal di Indonesia
Calon presiden (capres) nomor urut 1, Anies Baswedan.(AFP)

CALON presiden (capres) nomor urut 1 Anies Baswedan menanggapi data 117 ribu tenaga kerja asing di Riau pada 2023. Anies memaparkan sejumlah strategi untuk menjamin penyerapan tenaga kerja lokal.

"Pertama, tidak boleh ada tenaga kerja asing ilegal yang dibiarkan bekerja," kata Anies dalam acara Desak Anies di Pasar Sail Pekanbaru, Riau, Rabu, 13 Desember 2023.

Anies mengatakan semua yang ilegal tidak boleh dilakukan dan harus ditindak. Penindakan dilakukan kepada pekerja dan pemberi pekerjaan.

Baca juga: Amnesty Amini Pernyataan Anies Perihal Solusi Konflik Papua

"Karena kalau ada pekerja asing ilegal, menyerobot tenaga kerja kita," papar dia.

Anies menyebut strategi kedua ialah meningkatkan kompetensi tenaga kerja lokal secara bertahap. Sehingga mereka bisa menggantikan tenaga kerja asing legal di Indonesia.

Baca juga: Poros Buruh Sidoarjo Siap Menangkan Pasangan AMIN Satu Putaran

"Sebagian ekspatriat dibutuhkan karena belum ada. Tapi tidak boleh tenaga asing 10 sampai 15 tahun karena itu artinya ketergantungan," ujar dia.

Anies menuturkan Indonesia harus mencetak sumber daya manusia yang unggul. Sehingga fungsi yang dilakukan tenaga kerja asing legal pada akhirnya dikerjakan masyarakat Indonesia.

"Rekrut tenaga kerja asing sifatnya temporer, bukan permanen. Tidak kalah penting, selalu ada kebijakan melibatkan tenaga kerja lokal dan gajinya layak," tegas dia.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat