visitaaponce.com

Taco Berkomitmen Mendukung Industri Kreatif di Indonesia

Belum lama ini PT Tangkas Cipta Optimal atau Taco Group mendukung industri kreatif Indonesia yakni Jakarta Fashion Week (JFW) 2024 yang digelar akhir 2023 dan Pekan seni rupa kontemporer internasional, Art Jakarta 2023. Khusus di Art Jakarta, Taco, penyedia solusi interior Indonesia berkolaborasi bersama Baik Art yang menggandeng seniman Korea, Park Jihyun, seraya membawa nilai yang terus digaungkan perusahaan, yaitu Kreativitas Tanpa Batas.

Terkait dengan dukungannya pada aktivitas itu, Taco menegaskan komitmennya untuk mendukung industri kreatif Indonesia. "Kami menjemput bola melalui tim specifier yang Key Performance Index-nya menjalin relasi dengan stakeholdersnya Taco. Telah banyak sekali seniman, arsitek, dan desainer interior yang telah terhubung dengan kami. Dari situ kami banyak pula mendapatkan informasi terkait aktivitas di industri kreatif," kata Irwan Dewanto, Vice President Corporate HR Taco Group, saat dijumpai di Taco yang berada di Indonesia Design District (IDD), PIK 2, Kamis (12/1).

Meski demikian pihaknya tidak menutup kemungkinan untuk seniman yang belum terjangkau oleh Taco untuk terkoneksi. Banyak cara yang bisa dilakukan yakni, datang langsung ke Taco IDD, menelepon Halo Taco, kontak dengan tim penjualan yang tersebar di seluruh Indonesia, bahkan bisa datang ke kantor pusat.

Baca juga : Perusahaan Roastery Ini Diganjar Penghargaan di AVPA Gourmet Paris

Sumber Daya Manusia
Hal yang menarik lain terkait Taco adalah para karyawan yang bekerja di bisnis ini. Saat ini Taco memiliki 1.400 karyawan dengan 95% merupakan generasi milenial dan Gen Z. Bahkan di level direksi, 50% milenial. Tidak mudah membuat milenial tetap bertahan karena pilihan profesi semakin banyak. "Di balik bisnis yang sukses tentunya memiliki sumber daya manusia yang mendukung. Sebanyak 1.400 karyawan, semua pekerja terlatih dengan remunerasi yang kompetitif agar tertarik dan bertahan bekerja di sini," kata Doctor of Science in Management lulusan School of Business & Management ITB ini.

Selain itu pihaknya juga memberikan fleksiblitas yang dibutuhkan dengan cara memberikan suasana kerja yang menyenangkan. "Itulah mengapa di tahun 2023 kita meraih HR Excellence Awards 2023: Work Life Harmony dari Human Resources Online. Ini adalah untuk work and life balance, jadi salah satu strategi kita untuk menarik anak-anak muda yang berprestasi ini," kata Irwan. Di kategori yang sama juga terdapat Bank UOB Indonesia dan Lenovo Indonesia.

Masih kata Irwan, pihaknya juga membangun para karyawan ini supaya tidak tergantikan oleh automation atau artificial intelegence. Dia menjamin para karyawan usia muda ini tetap kreatif, solutif sehingga pekerjaan yang dikerjakan bukan pekerjaan yang bisa digantikan oleh automation.

Baca juga : Kanmo Group Raih Penghargaan Perusahaan dengan Praktik SDM Terbaik

Taco juga melihat, karyawan yang mayoritas milenial dan Gen Z ini memiliki kelebihan sangat adaptif terhadap teknologi. Mereka unggul dibandingkan baby boomers dan generasi X. "Pada saat pandemi Covid-19, kami tidak menemukan kesulitan saat mengubah kebiasaan meeting offline ke meeting online," kata Irwan.

Hal ini kemudian berlanjut setelah berhasil melewati pandemi. Taco bahkan tetap melestarikan pola 4-1, empat hari work from office dan satu hari work from home. "Kami juga memiliki Tacollege, ini adalah sistem pembelajaran online kami di mana karyawan bisa mengakses melalui ponsel. Di sini mereka bisa melihat podcast, mengikuti kuis Kahoot! untuk pre dan post test, bahkan ketika di kendaraan umum bisa ikut training wajib dan pilihan karena kami memiliki rewards," kata Irwan.

Menurutnya, hal-hal positif yang dimiliki anak muda ini harus dirangkul karena seiring dengan kemajuan zaman, generasi lama akan tergantikan oleh mereka yang muda. "Untuk itu, koneksi internet nirkabel dan laptop, kami dukung, ini hal yang dibutuhkan mereka untuk berkembang.

Baca juga : Xnation, Festival Budaya Pop Lokal Hadir di M Bloc Festival 2023

Pada 2024 ini, mereka ingin semakin dekat dengan lebih banyak stakeholders dengan membuka Taco di Indonesia Design District yang berada di Pantai Indah Kapuk 2. "Taco di IDD ini telah dibuka pada akhir 2023, supaya stakeholders semakin tahu produk kami. Karena membayangkan itu tidak semua orang bisa. Tapi dengan hadir ke sini, maka akan ada wawasan seperti apa itu High Pressure Laminates (HPL), lem, engsel, atau vinyl flooring. Pendeknya ini adalah bentuk nyata kontribusi kami di kehidupan keseharian mereka," kata Irwan. (B-4)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Retno Hemawati

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat