visitaaponce.com

Dalam 3 Tahun PT Pos Indonesia Salurkan Bantuan untuk 20 Juta Keluarga

Dalam 3 Tahun PT Pos Indonesia Salurkan Bantuan untuk 20 Juta Keluarga
Penyaluran Bansos minyak goreng di Kantor Pos Dumai(Antara/Aswaddy Hamid)

SEJAK 2020 atau lebih tepatnya saat pandemi Covid-19, PT Pos Indonesia mengungkapkan telah menyalurkan berbagai bantuan dari pemerintah.

"Sudah menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT), vaksin," kata Direktur Utama PT. Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi saat ditemui di Jakarta pada Rabu (7/2).

Setelah pandemi Covid-19 selesai, lanjut dia, PT. Pos Indonesia juga dipercaya untuk mengirim bantuan pangan karena ada fenomena El Nino.

Baca juga : Naikkan Daya Beli Masyarakat, Pemerintah Tunjuk Pos Indonesia Salurkan BLT El Nino

"Kemudian ada alat masak listrik (AML) untuk konversi dari gas tabung 3kg menjadi listrik. Kemudian ada bantuan stunting untuk kebutuhan gizi untuk kebutuhan ibu-ibu hamil dan bantuan intervensi kerawanan pangan," terangnya.

Lebih lanjut, Faizal mengungkapkan, sampai saat ini, PT. Pos Indonesia telah menyalurkan bantuan kepada sebanyak 20 juta Keluarga.

"Total-total itu puncaknya kita 20 juta keluarga yang menerima," jelas dia.

Baca juga : Menkes Ungkap Capaian Positif Transformasi Ketahanan Kesehatan

Adapun bantuan yang dipercaya kepada PT Pos Indonesia disalurkan dengan 3 cara. Cara pertama, apabila keluarga penerima berada di radius 1km dari kantor pos maka bantuan bisa diambil langsung di kantor pos. 

Kedua, apabila rumah keluarga penerima berada lebih dari radius 1km, PT. Pos Indonesia akan menyalurkan bantuan tersebut lewat komunitas seperti RT, RW, Kelurahan, Polsek, Polres, dan KODIM. Ketiga, untuk orang tua, orang sakit, ibu hamil yang tidak bisa datang akan disalurkan langsung ke rumah door to door.

"Jadi bantuan itu langsung diterima. Penerimanya itu direkam, foto orangnya, foto KTP nya, foto KK nya, dan foto bantuannya. Kalau itu uang difoto dengan uangnya, kalau (bantuan) beras dengan berasnya, kalau AML dengan alatnya, jadi akuntabilitasnya terjaga dan dipastikan tepat sasaran," pungkasnya. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat