visitaaponce.com

Ada BYD, Luhut tak Ambil Pusing Investasi Tesla Mandek

Ada BYD, Luhut tak Ambil Pusing Investasi Tesla Mandek
Peluncuran perdana kendaraan listrik BYD produksi Tiongkok di Jakarta, pada 18 Januari 2024.(AFP/Bay Ismoyo)

MENTERI Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengaku tidak ambil pusing soal rencana investasi perusahaan mobil listrik milik Elon Musk, Tesla, di Indonesia yang tak kunjung terealisasi.

Ia menegaskan pasar kendaraan listrik di Indonesia masih menarik di mata dunia. Hal ini, terang Luhut, dibuktikan dengan rencana perusahaan mobil listrik asal Tiongkok, Build Your Dream atau BYD yang bakal membangun pabrik di Tanah Air. Januari ini, BYD secara resmi telah masuk ke pasar otomotif Indonesia. Menurutnya, mobil listrik BYD tidak kalah saing dengan Tesla.

"Kita sudah ada dengan BYD kok. BYD juga bagus enggak jelek. Kalau Tesla mau datang silakan, kalau dia enggak mau datang silahkan juga," tutur Luhut di Kantor Kemenko Marves, Rabu (7/2).

Baca juga : Luhut Bantah Harga Nikel Dunia Ambruk Gara-Gara Indonesia

Menko Marves menyampaikan meski belum ada rencana jelas Tesla akan membangun pabrik di Indonesia, perusahaan itu akan membeli produk turunan nikel dari proyek fasilitas pengolahan hasil tambang (smelter) dari PT Vale Indonesia Tbk (INCO) di Sulawesi.

Vale telah meneken perjanjian kerja sama definitif bersama perusahaan asal Tiongkok, Zhejiang Huayou Cobalt Co., Ltd (Huayou) untuk memproses bijih nikel dari Blok Pomalaa di Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Sementara, Tesla sejak 2022 telah menandatangani kesepakatan jangka panjang dengan Zhejiang Huayou Cobalt Co untuk memasok bahan baterai kendaraan listrik dari produksi bijih nikel.

Baca juga : Selain Tiongkok, Proyek Smelter Nikel RI Diguyur Bank Eropa

"Iya, ia (Tesla) akan masuk (investasi) di Vale. Tesla mau beli dari produk mereka (Vale)," pungkasnya. (Ins/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat