visitaaponce.com

Sertifikasi Bantu Dorong Peningkatan Kapasitas Broker Properti

Sertifikasi Bantu Dorong Peningkatan Kapasitas Broker Properti
AREBI dorong sertifikasi broker properti tanah air(Ilustrasi)

ASOSIASI Real Estate Broker Indonesia (AREBI) DKI Jakarta menerapkan sejumlah strategi guna meningkatkan profesionalisme dan transaksi anggotanya. Upaya ini mencakup peningkatan pelatihan melalui seminar, workshop, dan talkshow yang diadakan oleh DPD DKI Jakarta dan wilayah DPC DKI Jakarta setiap bulan.

Selain itu, anggota dapat mengikuti sertifikasi oleh BADIKLAT DPP AREBI, yang dapat diteruskan untuk meraih sertifikasi BNSP melalui LSP Broker Properti. Dukungan hukum dan konsultasi diberikan kepada anggota, sementara pendaftaran keanggotaan disederhanakan untuk sinergi dengan pusat.

Ketua DPD AREBI DKI Jakarta masa bakti 2024-2027 Hengkie Husada menyampaikan, setiap anggota AREBI adalah perusahaan berbadan hukum, memudahkan penyelesaian sengketa. Husada juga mendorong kolaborasi antara developer, institusi keuangan, dan anggota AREBI untuk meningkatkan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi masyarakat. A

Baca juga : CENTURY 21 Indonesia Gelar ONE21 Annual Awards & Recognitions

"AREBI berharap pemerintah dapat meningkatkan peran dalam industri broker properti di Indonesia, sejalan dengan praktik di negara-negara tetangga," jelas Hengkie dalam keterangan resmi yang diterima, Selasa (5/3).

Optimis Transaksi Meningkat

Hengkie Husada mengatakan, 2024 yang merupakan tahun Pemilu dan pergantian pemerintahan akan menjadi tantangan bagi industri ini dikarenakan regulasi akan banyak berubah mengikuti pimpinan lembaga yang baru dimana menimbulkan ketidakpastian proses, lamanya proses dalam suatu transaksi. Para investor properti akan menahan diri karena menunggu kepastian kondisi politik yang pastinya mempengaruhi ekonomi secara makro. Namun, untuk end-user properti, diprediksi masih tetap akan baik, karena properti merupakan kebutuhan utama keluarga.

“DPD AREBI DKI Jakarta optimistis transaksi properti akan tetap meningkat sekitar 10% -15% di tahun 2024 dibandingkan tahun 2023,” ujar Hengkie Husada.

Baca juga : Linktown Optimis Nilai Transaksi Capai Rp2,9 Triliun di 2024

DPD AREBI DKI Jakarta mendukung kebijakan insentif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) Ditanggung Pemerintah (DTP) sebagai stimulus pertumbuhan ekonomi melalui sektor properti. Meski demikian, terdapat kebingungan terkait pelaksanaan free PPN, dan AREBI DKI Jakarta menyarankan Pemerintah untuk menyusun regulasi yang lebih jelas untuk maksimal dan tepat sasaran.

"Pemerintah perlu menetapkan pengaturan lanjutan yang lebih jelas sebagai juklak penerapan free PPN bagi seluruh stakeholders (pemerintahan terkait, developer dan masyarakat) agar stimulus ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal dan mengena sesuai sasaran," lanjut dia.

Hengkie Husada yang terpilih menjadi Ketua DPD AREBI DKI Jakarta Masa Bakti 2024-2027 ini sebelumnya merupakan Principal Ray White Kelapa Gading Barat. DPD AREBI DKI Jakarta yang saat ini memiliki 245 anggota (Per Januari 2024) tengah memperjuangkan agar menjadi suatu wadah yang memberikan manfaat dan solusi kepada seluruh anggotanya. Lalu menjadi partner pemerintah dalam pembentukan regulasi terkait industri broker properti sehingga menciptakan suatu profesi yang diperhitungkan. Kemudian melakukan standarisasi melalui sertifikasi broker properti tingkat nasional di Indonesia. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat