visitaaponce.com

Sekupang Jadi Incaran Investor Asing, Apa Daya Tariknya

Sekupang Jadi Incaran Investor Asing, Apa Daya Tariknya?
BCA Expoversary 2024(Ilustrasi)

BATAM diakui sebagai tujuan investasi yang menjanjikan, seperti yang dapat dilihat dari masuknya Penanaman Modal Asing (PMA) Singapura sebesar USD225,4 juta melalui 901 proyek pada paruh pertama 2023. Serta, kontribusi Perancis dan Hong Kong yang masing-masing mencatat PMA sebesar USD34,37 juta dan USD34,21 juta.

Dikutip dari dari Badan Pengusahaan (BP) Batam pada semester I/2023 (Januari-Juni) menunjukkan bahwa investasi asing di Batam terealisasi dalam 246 proyek dengan nilai mencapai 157,5 juta dollar AS. Kinerja positif ini mendorong BP Batam untuk menetapkan target pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5 persen pada tahun 2024.

“Kawasan Sekupang kini makin menunjukkan daya pikat bagi investor asing dan lokal. Tak hanya punya pesona kekayaan alam yang masih terjaga, Sekupang juga sangat menjanjikan sebagai sasaran investasi khususnya di sektor properti,” papar Managing Director dari proyek residensial Serenity Central City Samuel Jason, saat ditemui di BCA Expoversary 2024 akhir pekan lalu. 

Baca juga : Tawarkan Hunian Low-Rise Apartemen, The Millennial City Mulai Dibangun

Jason menyatakan bahwa posisi Batam sebagai titik hub membuatnya memiliki nilai investasi yang tinggi. Pertumbuhan yang pesat dari potensi Batam turut mendorong beberapa wilayah di kota ini untuk mengikuti perkembangannya dan meningkatkan nilai mereka.

Saat ini, Sekupang sedang dalam tahap pengembangan menjadi destinasi wisata utama berikutnya di Batam. Diperkirakan peluang ini akan menyebabkan kenaikan harga tanah di kawasan tersebut setiap tahunnya. Pengembangan kota resor yang dikerjakan oleh Central Group, yaitu Serenity Central City, juga menarik perhatian banyak investor dari luar negeri.

“Selain Singapura dan Malaysia yang jadi investor tetap, banyak juga dari Korea, Jepang, sampai Qatar dan UAE,” imbuh Jason.

Baca juga : Minat Warga Negara Asing Terhadap Pasar Properti di Bali Meningkat

Serenity Central City Eksplorasi Pesisir Pantai

Dalam perjalanannya, Serenity Central City pun mengembangkan resort Beachside yang membidik investor baik lokal dan mancanegara. Nuansa hunian dengan akses pemandangan tanpa batas ke laut, pantai, dan Marina Bay Sands Singapura langsung dari atas perbukitan. 

“Hal ini diyakini akan membuat penghuni lekat dengan suasana hidup di vila dan resor setiap harinya,” kata Jason. 

Jason mengungkapkan, pihaknha membuka Beachside karena melihat market-nya semakin bagus. Total ada 218 unit yang bakal dibangun. 

Baca juga : Baims Kembangkan Graha Arraya Seluas 46 Hektar di Bogor Barat

“Lalu karena ini lokasinya benar-benar di bibir pantai, maka kami desain unitnya bergaya minimalis tropis dengan harga Rp4 sampai Rp10 miliar,” jelas Jason.

Tak hanya itu pengembangan Serenity Central City juga dilakukan searah dengan Environmental, Social, and Governance atau ESG. Secara harfiah, ESG merupakan konsep yang mengedepankan kegiatan pembangunan, investasi maupun bisnis yang berkelanjutan dengan tiga kriteria tersebut yaitu lingkungan, sosial, serta tata kelola.

“Bagi yang mengincar properti sebagai ladang investasi, maka Beachside sangat layak diperuntukkan sebagai aset sewaan. Mengingat nilai kapitalnya dalam beberapa tahun mendatang akan semakin besar,” tandas di. 

Dalam proyek Serenity Central City, selain Beachside, terdapat pula lahan pengembangan lainnya meliputi Hillside, Valleyside, Valleycove, dan lahan lainnya. Setiap lahan pengembangan memiliki karakteristiknya masing-masing. Spesial untuk proyek Hillside, cluster ini dilengkapi dengan infinity pool sepanjang 184 meter Marina Bay Sands Singapura.

Fasilitas tersebut berada tepat di puncak tertinggi kawasan dan menjadi nilai jual menguntungkan jika suatu saat unit hunian yang telah dibeli akan disewakan kembali. Ada juga panoramic sky deck yang siap memberikan pengalaman menikmati senja berlabuh alias sunset dari ketinggian paling maksimal di Batam. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat