visitaaponce.com

Naiknya Pendapatan Bioskop Dari Penjualan Makanan dan Minuman

Naiknya Pendapatan Bioskop Dari Penjualan Makanan dan Minuman
Cinema XXI mencatata keuntungan untuk penjualan makanan dan minuman hampir 30%.(Cinema XXI)

CINEMA XXI sebagai penyedia jasa pemutaran film, kini telah mencatat penjualan untuk produk makanan dan minuman yang sangat laris. Keuntungan yang didapatkan untuk penjualan makanan dan minuman di bioskop ini memiliki kenaikan hampir 30%.

Pada semester pertama di tahun 2023, Cinema XXI berhasil menghasilkan keuntungan dengan total sebesar Rp 2,4 Triliun. Pendapatan lini usaha ini tumbuh 29,3% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2022. 

Direktur utama Cinema XXI Hans Gunadi mengungkapkan makanan dan minuman yang dijual dibioskop memiliki kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan pendapatan untuk Cinema XXI. Tahun 2023 Cinema XXI mendapatkan jumlah pendapatan di angka Rp5,2 triliun atau naik 18,9% jika dibandingkan sebelumnya, yaitu Rp4,4 triliun.

Baca juga : Inovasi Bawa Momogi Raih Penghargaan Top Brand 2024

Seperti yang kita ketahui bahwa makanan dan minuman di bioskop bisa dibilang mahal, namun margin keuntungan dari penjualan makanan dan minuman ini bisa mencapai 70% dan menjadikan bisnis ini sangat menguntungkan. Margin keuntungan untuk tiket hanya sekitar 30% yang di mana bioskop XXI bisa mendapatkan dua kali lipat keuntungan dari penjualan makanan dan minuman dari pada penjualan tiket.

Ketika kita berkunjung ke bioskop XXI atau bioskop lain, rata-rata dari mereka menerapkan aturan melarang pelanggannya membawa makanan dan minuman dari luar. Hal ini diberlakukan karena sumber keuntungan utama bioskop adalah dari pendapatan makanan maupun minuman. 

Selain itu, dengan naiknya pendapatan ini, Cinema XXI berkomitmen untuk memperbanyak jumlah layar. Sejak tahun 2023, Cinema XXI diinformasikan telah membuka 18 lokasi bioskop baru dengan 75 layar di seluruh Indonesia. 

Baca juga : Ekspor ke 39 Negara, Mondelez Indonesia Komitmen Dukung Perekonomian Nasional

Saat ini Cinema XXI memiliki 240 bioskop yang dioperasikan dengan itotal 1.280 layar di 60 kota atau kabupaten di seluruh Indonesia. Keberhasilan ini didukung oleh fokus penjualan tiket, makanan dan minuman, iklan, serta platform digital.  

Ada beberapa makanan dan minuman yang paling laris di bioskop, yaitu popcorn dengan banyak variasi, burger dan hotdog, French fries, serta minuman soda dan es kopi susu pandan. Makanan dan minuman ini menjadi makanan dan minuman yang paling banyak diminati oleh pelanggan.

Cinema XXI berusaha untuk terus melakukan ekspansi agar bisa memberikan akses yang luas bagi Masyarakat untuk menonton fil-fil favorit mereka. Dengan komitmen pada penguatan fundamental bisnis, Cinema XXI akan terus berinovasi dan memberikan pengalaman terbaik bagi para penonton. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat