visitaaponce.com

Penyaluran Kredit Baru oleh Perbankan Meningkat di Februari 2024

Penyaluran Kredit Baru oleh Perbankan Meningkat di Februari 2024
Ilustrasi(Antara)

Penyaluran kredit baru oleh perbankan pada Februari 2024 terindikasi meningkat dibandingkan bulan sebelumnya. Hasil survei Bank Indonesia menunjukkan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) penyaluran kredit baru pada Februari tercatat 54,1%. Angka itu lebih tinggi dari SBT Januari yang hanya sebesar 24,5%.

Peningkatan penyaluran kredit baru terindikasi terjadi pada seluruh kategori bank dan pada seluruh jenis kredit.

"Faktor utama yang memengaruhi prakiraan penyaluran kredit baru pada Februari 2024 yaitu permintaan pembiayaan dari nasabah, prospek kondisi moneter dan ekonomi ke depan, serta tingkat persaingan usaha dari bank lain," kata Asisten Gubernur Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono, Kamis (21/3).

Baca juga : Punya Banyak Jamu Manis, BI Yakin Kredit Melesat di 2024

Penyaluran kredit baru diproyeksikan kembali naik di Maret 2024. Itu terindikasi dari nilai SBT prakiraan penyaluran kredit baru Maret 2024 sebesar 80,9%, dan diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank, serta pada hampir seluruh jenis kredit, kecuali kredit konsumsi lainnya.

Kebijakan penyaluran kredit (lending standard) pada Februari 2024 sedikit lebih ketat. Hal tersebut terindikasi dari SBT perubahan lending standard Februari 2024 yang bernilai positif sebesar 0,4%.

Berdasarkan jenis penggunaan, kebijakan penyaluran kredit yang ketat terindikasi pada seluruh jenis kredit. Faktor yang memengaruhi perubahan standar pemberian kredit pada Februari 2024 antara lain potensi risiko kredit ke depan, toleransi bank terhadap risiko, serta kondisi/permasalahan sektor riil saat ini. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat