visitaaponce.com

Ketegangan Geopolitik Mendorong Harga Minyak, Saham Global Bervariasi

Ketegangan Geopolitik Mendorong Harga Minyak, Saham Global Bervariasi
Saham global mengalami pergerakan bervariasi pada Senin, sementara harga minyak naik karena eskalasi ketegangan antara Moskow dan Ukraina.(AFP)

SAHAM global bervariasi pada Senin, sementara harga minyak naik ketika eskalasi antara Moskow dan Ukraina menimbulkan pertanyaan tentang produksi minyak Rusia.

Harga minyak AS melonjak 1.6% atas berita serangan drone terbaru oleh Kyiv yang menyebabkan kebakaran di kilang minyak Rusia utama, yang merupakan serangan terbaru dalam serangkaian serangan terhadap industri bahan bakar negara tersebut.

Analis juga menunjukkan kenaikan ketegangan geopolitik setelah serangan terpisah terhadap sebuah gedung konser di Moscow, yang diklaim oleh kelompok Negara Islam.

Baca juga : Perang Jatuhkan Saham tetapi Minyak dan Emas Meroket

Presiden Vladimir Putin pada hari Senin mengakui untuk pertama kalinya bahwa "Islamis radikal" berada di balik serangan yang menewaskan 139 orang, namun menyarankan mereka terkait dengan Ukraina dengan cara tertentu.

"Ketegangan meningkat antara Ukraina dan Rusia telah menghentikan reli di pasar saham yang terlihat minggu lalu," kata Russ Mould, direktur investasi di AJ Bell.

"Investor dengan cemas mengawasi perkembangan dari pinggir lapangan, terutama karena harga minyak kembali naik."

Baca juga : Saham Saudi Aramco Sentuh Rekor Tertinggi Baru

Di Wall Street, saham mundur karena reli pasar menunjukkan tanda-tanda kelelahan.

Maris Ogg dari Fiduciary Trust mengatakan awal yang enggan itu tidak mengejutkan, mengingat jadwal yang relatif ringan minggu ini dalam hal berita ekonomi.

"Pasti tidak akan aneh" untuk mengalami konsolidasi setelah puncak minggu lalu," kata Ogg.

Baca juga : Konflik Rusia-Ukraina Picu Kenaikan Harga Komoditas

Sentimen juga terganggu setelah regulator antitrust Uni Eropa mengatakan mereka sedang menyelidiki raksasa teknologi AS Apple, induk Google Alphabet, dan induk Meta Facebook terkait dengan undang-undang digital yang dimaksudkan untuk memastikan persaingan.

Sebelumnya, DAX Frankfurt menambah 0.3% untuk mencatat rekor baru, sementara Paris selesai datar dan Tokyo lebih rendah.

Sementara itu, saham Boeing naik 1.4% setelah perusahaan mengumumkan Senin bahwa CEO Dave Calhoun akan meninggalkan jabatannya saat raksasa penerbangan menghadapi peningkatan pemeriksaan setelah serangkaian insiden keamanan dan masalah manufaktur.

Susannah Streeter di Hargreaves Lansdown mengatakan kenaikan tersebut tidak sebanding dengan penurunan 25% dalam saham Boeing sejak awal tahun.

"Tidak mengherankan jika ada sedikit skeptisisme tentang perubahan ini, mengingat pergantian eksekutif sebelumnya tidak terlihat memberikan perbedaan dan perusahaan tersebut tergelincir ke dalam kekacauan lebih lanjut," katanya. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat