visitaaponce.com

Indonesia-Inggris Komitmen Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan

Indonesia-Inggris Komitmen Perkuat Kerja Sama Ekonomi dan Perdagangan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu Menteri Perdagangan Inggris The Rt. Hon. Greg Hands MP di London, Inggris.(Kemenko Perekonomian)

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu dengan Menteri Perdagangan Inggris The Rt. Hon. Greg Hands MP di Kantor Departemen Bisnis dan Perdagangan saat melakukan kunjungan kerja ke London, Inggris. Pertemuan kedua Menteri berlangsung digelar di salah satu ruangan bersejarah era Churchill.

Mengawali perbincangan, Airlangga memaparkan kemajuan kerja sama penting antara Indonesia dan Inggris, seperti pendirian King College di Indonesia. Ia juga menceritakan perkembangan hasil pemilu yang berlangsung hanya sehari dengan damai.

Dalam hal perdagangan, Airlangga menyampaikan dampak penerapan aturan uji tuntas (due dilligence) Inggris bagi produk kelapa sawit Indonesia. Ia mengharapkan perlakuan aturan yang adil. Saat ini Indonesia menyuarakan ketidaksetujuan penerapan kebijakan Uni Eropa terhadap produk keberlanjutan. Indonesia dengan Malaysia mengupayakan pengelolaan soal aturan produk keberlanjutan.

Baca juga : Indonesia-Inggris Terus Upayakan Peningkatan Kerja Sama Strategis Bilateral

Menanggapi gagasan itu, Greg menimbang penting masuknya Indonesia ke dalam CPTPP dimana Inggris baru saja bergabung.

Menteri Greg yang dalam bialteral itu ditemani utusan khusus Perdana Menteri Inggris untuk Indonesia, Richard Graham, juga menyampaikan kesan mendalam atas pelaksanaan pemilu di Indonesia. Ia pun membandingkan proses yang sama di Inggris.

Lebih lanjut, sebagai negara yang unggul dan berpengalaman dalam pengembangan energi bersih, Greg menawarkan kerja sama yang sesuai bagi Indonesia sebagai negara kepulauan. Penerapan energi bersih nantinya dikaitkan dengan pengelolaan kebijakan subsidi. (RO/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat