visitaaponce.com

Kerja Sama Budidaya Lobster dengan Vietnam Bangkitkan Ekosistem

Kerja Sama Budidaya Lobster dengan Vietnam Bangkitkan Ekosistem
Kerja sama budidaya lobster(AFP)

MENTERI Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan bahwa kerjasama dengan Vietnam telah menghidupkan ekosistem budidaya lobster di Indonesia. Sebelumnya, ekosistem yang belum optimal telah menjadi hambatan bagi perkembangan budidaya benih lobster nasional.

"Karena ekosistem (budidaya lobster) belum berjalan optimal selama ini. Namun, dengan cara ini (kerjasama), ekosistemnya akan berjalan. Sebagai contoh, masalah pakan, selama ini bergantung pada ikan-ikan hasil tangkapan, sementara di Vietnam sudah memiliki industri pakan sendiri," jelas Trenggono seperti dikutip dari Antara, Selasa (30/4).

Melalui kesepakatan kerja sama antar dua negara, pelaku usaha Vietnam yang ingin memanfaatkan benih lobster harus melakukan kegiatan budidaya di Indonesia dengan bermitra dengan pelaku usaha lokal. Dengan skema ini, akan terjadi transfer teknologi dan etos kerja yang penting untuk perkembangan budidaya lobster di Indonesia.

Baca juga : Kerugian Negara akibat Penyelundupan Benih Lobster Capai Triliunan Rupiah Setiap Tahun

Trenggono menambahkan bahwa selain masalah pakan, produksi keramba budidaya lobster modern juga masih minim, menjadi tantangan tersendiri di tengah kerja sama yang sudah terjalin dengan Vietnam.

Sampai saat ini, telah ada lima perusahaan Vietnam yang beroperasi di Indonesia, namun kegiatan budidaya masih terbatas karena keterbatasan keramba.

Dengan demikian, lanjut Trenggono, kerjasama perikanan dengan Vietnam tidak hanya akan membangkitkan sektor budidaya lobster, tetapi juga industri turunannya, karena akan mendorong hadirnya usaha-usaha terkait di bidang tersebut.

Baca juga : Regulasi Ekspor Benih Lobster Bisa Hindari Penyelundupan

"Harapan saya, lobster ini akan menjadi kekuatan kita di masa depan," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pengembangan dan Pengendalian Usaha ID FOOD, Dirgayuza Setiawan, menyatakan bahwa Indonesia memiliki potensi dari segi sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Untuk pengembangan budidaya lobster, selain upaya pemerintah, peran swasta juga sangat penting.

"Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang cukup, kita memiliki sumber daya manusia yang memadai, dan juga memiliki etos kerja yang baik. Ini hanya perlu dikembangkan. Saya pikir budidaya lobster di Bangsring, Banyuwangi, bisa menjadi contoh yang dikembangkan oleh swasta selain dari program pemerintah," tandasnya. (Ant/Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat