visitaaponce.com

Sri Mulyani Lapor ke Jokowi Soal Sengkarut Kasus Bea Cukai

Sri Mulyani Lapor ke Jokowi Soal Sengkarut Kasus Bea Cukai
Menteri Keuangan Sri Mulyani di Istana Negara, Jakarta.(Dok. Medcom.id)

MENTERI Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menghadap ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu, 15 Mei 2024. Salah satu hal yang dilaporkan Srimul mengenai persoalan di Direktorat Jenderal (Ditjen) Bea Cukai.

"Saya laporkan Bea Cukai dan pembahasan mengenai apa yang terjadi situasi yang dihadapi oleh seluruh jajaran di lapangan yang viral-viral (di media sosial)," ujar Sri Mulyani di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu, 15 Mei 2024.

Sri Mulyani juga menjelaskan penyebab terjadinya berbagai persoalan di tubuh Bea dan Cukai. Ia menilai akibat beberapa aturan hingga sumber daya manusia (SDM).

Baca juga : Bertindak setelah Viral

Selain itu, perkembangan teknologi yang cepat turut berpengaruh. Seluruh beban persoalan ini disampaikan ke Presiden.

"Kami akan terus mengambil langkah-langkah untuk perbaikan untuk memperbaikinya," tegasnya.

Sri Mulyani enggan menyampaikan tanggapan Presiden Jokowi atas laporannya. Ia langsung meninggalkan awak media dan masuk ke dalam mobil.

Baca juga : Menkeu Sri Mulyani Minta Bea Cukai Perbaikan Layanan

Sebelumnya, Presiden Jokowi memastikan akan segera menggelar rapat terbatas (ratas) terkait polemik di Bea dan Cukai. Namun, ia tak membeberkan waktu ratas.

"Nanti akan kami rataskan di rapat internal," ujar Presiden Jokowi, di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit Konawe di Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara pada Selasa, 14 Mei 2024.

Sederet kasus pelayanan Bea Cukai tengah menjadi sorotan jagad maya. Seperti, kasus mengenai pengiriman sepatu impor yang terkena bea masuk sebesar Rp31,8 juta untuk pembelian sepatu senilai Rp10,3 juta.

Baca juga : Diisukan akan Mundur Ikuti Mahfud MD, Sri Mulyani Temui Presiden Jokowi di Istana Secara Senyap

Kasus lainnya perihal tertahannya alat belajar untuk siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB)-A Pembina Tingkat Nasional di Bea Cukai Soekarno-Hatta (Soetta).

Menteri Keuangan Sri Mulyani juga telah memberi instruksi kepada Direktorat Jenderal Bea Cukai sebagai tanggapan atas berbagai keluhan soal pelayanan Bea Cukai. Sri Mulyani memerintahkan Bea Cukai untuk memperbaiki pelayanan dan proaktif memberikan edukasi kepada masyarakat, terutama mengenai kebijakan.

"Ada beberapa kasus yang viral seperti pengiriman sepatu, pengiriman barang untuk sekolah luar biasa (SLB) dan pengiriman action figure dari robotik. Malam ini saya mengundang untuk mendapatkan laporan mengenai bagaimana Bea Cukai menangani berbagai kasus tersebut," kata Sri Mulyani.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat