visitaaponce.com

Singgung Kedaulatan, Film Barbie yang Tayang 21 Juli Dilarang di Vietnam

Singgung Kedaulatan, Film Barbie yang Tayang 21 Juli Dilarang di Vietnam
Adegan Film Barbie yang tayang 21 Juli 2023(Dok.Warner Bros.)

FILM Barbie karya Grega Gerwig dilarang ditayangkan di Vietnam. Film yang dijadwalkan akan ditayangkan pada 21 Juli 2023 ini diangap singgung kedaulatan Vietnam. 

Film yang diproduksi oleh Warner Bros. ini dibintangi oleh Margot Robbie dan Ryan Gosling dan menjadi salah satu film pertengahan tahun yang paling ditunggu-tunggu.

Rupanya, film tersebut berisi adegan yang menggambarkan peta dengan ‘sembilan garis putus-putus’. Ini adalah representasi dari klaim teritorial China di Laut China Selatan, yang menurut Vietnam melanggar kedaulatannya.

Baca juga: Promosikan Film Barbie di Korsel, Margot Robbie Tuai Reaksi Beragam Netizen

Direktur Jenderal Departemen Sinema Vietnam di bawah Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata, Vi Kien Thanh mengatakan, larangan tersebut diputuskan oleh Dewan Evaluasi Film Nasional. Banyak tetangga China, termasuk Vietnam, memiliki klaim teritorial yang bersaing dan tumpang tindih dan sangat membantah pernyataan China. 

Pada tahun 2016, pengadilan resolusi perselisihan Perserikatan Bangsa-Bangsa di Den Haag memutuskan dengan suara bulat menentang validitas 'sembilan garis putus-putus.' Namun, meski arbitrase Laut Cina Selatan bersifat final dan mengikat, tidak ada mekanisme yang jelas untuk penerapannya dan China mengatakan tidak mengakui keputusan tersebut.

Baca juga: Margot Robbie, Pemeran Barbie yang tidak Pernah Punya Barbie

"Kami tidak memberikan lisensi untuk film Amerika 'Barbie' untuk dirilis di Vietnam karena mengandung gambar sembilan garis putus-putus yang menyinggung," kata Vi Kien Thanh dalam surat kabar pemerintah Tuoi Tre.

Penggambaran serupa dari ‘sembilan garis putus-putus’ sebelumnya telah menimbulkan masalah bagi banyak film dan serial TV di Vietnam. Film animasi DreamWorks ‘Abominable’ dilarang karena alasan yang sama pada 2019 dan ‘Unchartered’ milik Sony mengalami nasib yang sama tahun lalu.

Bahkan, jaringan bioskop CGV didenda karena menayangkan film ‘Abominable’, dan staf di Departemen Sinema Vietnam mendapat teguran disiplin karena tidak segera menemukan adegan yang melanggar itu. Film tersebut pun ditarik setelah lebih dari seminggu di bioskop.

Pada 2020 lalu, serial ‘Put Your Head On My Shoulder’ dan ‘Madam Secretary’ juga diminta untuk menghapus adegan yang berisi peta tersebut. Sementara itu, pada 2021, Netflix diperintahkan untuk menghapus drama mata-mata Australia ‘Pine Gap’ dari pasar Vietnam. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat