visitaaponce.com

Michael Gambon Tutup Usia, Ini 7 Peran Terbaik dalam Karier Aktingnya

Michael Gambon Tutup Usia, Ini 7 Peran Terbaik dalam Karier Aktingnya
Aktor Michael Gambon(AFP/Daniel LEAL)

MICHAEL Gambon, yang terkenal karena perannya sebagai Dumbledore dalam film=film Harry Potter, telah meninggal dunia di usia 82 tahun akibat pneumonia.

Pernyataan atas nama istrinya, Lady Gambon, dan putranya, Fergus Gambon, mengatakan keluarga mereka terpukul oleh kehilangan tersebut. 

"Terima kasih atas pesan dukungan dan cinta Anda," tulis pernyataan tersebut.

Baca juga: Pemeran Dumbledore di Harry Potter Meninggal di Usia 82 Tahun 

Dari Dumbledore hingga Doctor Who, berikut adalah kilas balik peran-peran terkenal Gambon selama enam dekade di dunia akting.

Dumbledore - Harry Potter and the Prisoner of Azkaban (2004)

Dok Warner Bros

Setelah kematian Richard Harris, Gambon mengambil peran kepala sekolah yang dicintai di Hogwarts, Albus Dumbledore, di enam film Harry Potter terakhir.

Gambon memenangkan peran tersebut setelah beberapa bulan pencarian bintang oleh kru Harry Potter. 

Baca juga: David McCallum Meninggal Dunia pada Usia 90 Tahun

Beberapa aktor terkenal hampir memerankan Dumbledore, termasuk Christopher Lee, yang merupakan pilihan teratas tetapi tidak dapat berkomitmen karena konflik jadwal. Begitu juga dengan bintang Lord of the Rings, Ian McKellen.

Penampilan Gambon sebagai kepala sekolah awalnya membuat banyak penonton bingung, tetapi kepopuleran dan kelanggengannya dalam franchise tersebut akhirnya memenangkan hati para penggemar Harry Potter.

Kazran Sardick – Doctor Who (2010)

IMDB

Gambon memerankan karakter mirip Scrooge bernama Kazran Sardick dalam episode spesial festival dari serial TV ikonik Doctor Who. 

Dalam episode 2010 berjudul A Christmas Carol, Dokter Kesebelas (Matt Smith) harus menyelamatkan 4.000 orang yang terjebak di atas pesawat ruang angkasa yang akan jatuh di masa depan. Dia membutuhkan bantuan karakter Gambon untuk berhasil melakukan penyelamatan tersebut.

Raja George V – The King's Speech (2010)

UK film council

Pada 2010, Gambon memerankan Raja George V bersama Colin Firth, yang memerankan anaknya, Raja George VI, di The King's Speech. 

Film yang memenangkan Piala Oscar itu mengisahkan kehidupan dan pemerintahan yang tidak mungkin dari Raja George VI, yang menderita gangguan bicara dan menderita di bawah ayahnya yang tidak pernah menyayanginya.

Paman Pastuzo – Paddington (2014)

Ist

Gambon menjadi pengisi suara Paman Pastuzo beruang Paddington dalam film Paddington yang dicintai dan sekuelnya, Paddington 2. 

Paman Pastuzo membantu memberikan Paddington cintanya pada selai jeruk, serta topinya yang ikonik, sebelum kematiannya yang tragis dalam gempa bumi.

Franklin Bean – Fantastic Mr Fox (2009)

IMDB

Gambon juga mengisi suara Franklin Bean dalam adaptasi Fantastic Mr Fox karya Wes Anderson. 

Franklin Bean adalah salah satu dari tiga antagonis utama dalam film tersebut dan bersekutu dengan petani-petani lainnya, Walter Boggis dan Nathaniel Bunce, untuk membunuh Mr. Fox.

Baltus Van Tassel – Sleepy Hollow (1999)

IMDB

Gambon memerankan Baltus Van Tassel dalam film horor gothik Sleepy Hollow karya Tim Burton bersama pemeran-pemeran ternama lainnya, termasuk Johnny Depp sebagai Ichabod Crane dan Christopher Walken sebagai The Headless Horseman.

Film yang menakutkan ini mengikuti Ichabod, yang dikirim ke kota Sleepy Hollow yang penuh dengan kekuatan supernatural untuk menyelidiki serangkaian pembunuhan.

Senator – Othello (1965)

Michael Gambon membuat debut filmnya pada 1965 dalam film Othello karya Stuart Burge. Dia memerankan karakter yang relatif minor, Senator. 

Ini adalah momen lingkaran penuh yang mencolok, mengingat Gambon membuat debut teater profesionalnya dalam produksi Othello pada 1962, saat dia memerankan Second Gentleman. 

Film tersebut kemudian dikritik karena Laurence Olivier memerankan Othello yang berkulit hitam. Bagi Gambon, itu membuka jalan bagi karir luar biasa di layar. (Z-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat