visitaaponce.com

Jaga Budaya Leluhur, Kinaryosih Percaya Ritual Kejawen

Jaga Budaya Leluhur, Kinaryosih Percaya Ritual Kejawen
Kinaryosih(Ist)

SEBAGAI seorang aktris yang menikah dengan pria bule, Kinaryosih, tetap menjaga hubungan dengan budaya leluhurnya, yaitu budaya Jawa.

"Darah saya sangat erat terkait hal-hal klenik, santet, dan budaya kejawen. Jadi, saya percaya pada hal-hal seperti santet dan perdukunan," kata Kinaryosih usai melakukan adegan ritual dalam film Syirik yang sedang diproduksi di desa Banyusoco, Wonosari, Gunung Kidul, Yogyakarta, Selasa (7/11).

Baca juga: Trailer Film Jatuh Cinta Seperti di Film-Film Rilis Dinominasi Visual Hitam Putih

Meskipun demikian, Kinar, demikian dia biasa disapa, tidak terjerumus dalam hal-hal bersifat mistis.

"Mengetahui hal-hal itu untuk memenuhi kebutuhan batin dan memperluas pemahaman tidak ada yang salah. Yang terpenting, kita tidak boleh terlalu terlibat sehingga menjauh dari Tuhan," ujarnya dengan serius.

Terlebih lagi, suaminya, yang berperan sebagai Santika dalam film besutan Hestu Saputra produksi Ganesa Films, adalah pria bule yang lebih rasional dan tidak percaya pada hal-hal mistis.

"Ketika saya berbicara dengan suami tentang hal-hal masuk akal, dia menerima. Namun, saat bicara tentang hal-hal mistis dan santet, itu tidak akan diterima. Ini bisa memicu perdebatan yang tidak sehat," kata Kinaryosih.

Baca juga: Film Horor Sengkolo Pemandi Mayat Mulai Diproduksi

Meskipun Kinar membintangi banyak film dengan tema mistis, dia ternyata adalah seseorang yang mudah ketakutan.

"Saya sebenarnya penakut, tetapi beruntungnya, di lokasi syuting selalu ada banyak orang, jadi rasa takut itu hilang. Alhamdulillah, selama syuting film horor, termasuk syuting film Syirik, saya tidak mengalami hal-hal aneh, apalagi gangguan dari makhluk halus," pungkas Kinaryosih. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat