visitaaponce.com

Rod Stewart Mengantongi US100 Juta dari Penjualan Katalog Lagunya

Rod Stewart Mengantongi US$100 Juta dari Penjualan Katalog Lagunya
Rod Stewart(AFP)

ROD Stewart, penyanyi yang dikenal dengan hits seperti "Maggie May," merupakan artis terbaru yang menjual hak atas musiknya, demikian laporan The Wall Street Journal.

Menurut surat kabar tersebut, Iconic Artists Group yang dimiliki Irving Azoff berhasil mengakuisisi kepentingan Stewart dalam rekaman musik dan katalog penerbitannya, beserta beberapa hak atas namanya dan wajahnya, dengan nilai mencapai hampir US$100 juta.

Kabar penjualan ini muncul kurang dari seminggu setelah laporan mengenai kesepakatan besar yang dicapai Sony, untuk membeli setengah hak katalog rekaman dan penerbitan milik Michael Jackson dari warisannya.

Baca juga : Usher Ingin Duet Bersama Justin Timberlake

Meskipun detail transaksi tersebut masih kabur, laporan dari Billboard dan The New York Times menyebutkan bahwa kemungkinan ini adalah penilaian terbesar atas aset seorang musisi tunggal.

Menurut The Times, dengan mengutip orang-orang yang diberi informasi tentang kesepakatan itu, nilai aset Jackson mencapai US$1,2 miliar atau lebih, suatu penilaian yang menurut Billboard berarti Sony membayar setidaknya US$600 juta untuk saham tersebut.

Hak musik belakangan ini menjadi pasar yang diminati setelah sejumlah penjualan yang melibatkan nama-nama seperti Bob Dylan, Bruce Springsteen, Stevie Nicks, dan Neil Young yang menguangkan katalog musik mereka.

Baca juga : Beyonce Rilis Album Baru Act II Bulan Depan

Pasar yang terus berkembang ini mungkin mengalami penurunan sedikit, tetapi kesepakatan Stewart dan Jackson tetap menjadi indikasi bahwa permintaan terhadap hak katalog musik tetap tinggi.

Berdasarkan laporan WSJ, Iconic milik Azoff berhasil mengumpulkan lebih dari $1 miliar dalam modal baru untuk digunakan dalam akuisisi katalog musik.

Hak atas katalog musik dianggap sebagai aset yang menarik bagi investor karena dianggap memiliki nilai jangka panjang di era streaming.

Baca juga : Usher Ungkap Bintang Tamu Misterius untuk Pertunjukan Super Bowl Halftime

Pemilik hak penerbitan lagu menerima pembayaran dalam berbagai skenario, termasuk pemutaran radio dan streaming, penjualan album, serta penggunaan dalam iklan dan film. Hak rekaman mengatur reproduksi dan distribusi. (AFP/Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat