visitaaponce.com

Jason Ranti Mengaku Tak Pernah Pikirkan Pesan dari Lirik Lagunya

Jason Ranti Mengaku Tak Pernah Pikirkan Pesan dari Lirik Lagunya
Penyanyi Jason Ranti.(Dok. Medcom)

Berbeda dengan kebanyakan musisi, penyanyi Jason Ranti mengaku, dirinya tidak pernah memikirkan pesan yang akan disampaikannya saat menulis lirik lagu.

"Kalau saya menceritakan pesan saat menulis lagu, itu pasti saya ngarang," kata dia di Fakultas Ilmu Budaya UGM, Sabtu (2/3).

Pria yang akrab disapa Jeje ini mengaku, dirinya menulis lirik lagu secara spontan. Semua mengalir begitu saja seolah-olah tidak berpikir ketika membuat itu.

Baca juga : Eksplorasi Musikal Bernuansa Etnik bersama Manusia Aksara

"Tidak terlalu memikirkan pesan-pesan itu. Jujur saja tidak tahu, terserah orang lah menafsirkannya," kata dia.

Ia mencontohkan lagu barunya yang berjudul Hari-Hari Musik. Ide lagu itu muncul saat dirinya berkunjung ke seorang ustadz di Tangerang. Anak Ustadz tersebut kemudian mengatakan Ada Salsa di Hari Selasa.

"Saya dapat itu lalu saya kembangkan sendiri begitu saja," kata dia.

Baca juga : Putri Kecil Christina Aguilera Ingin Jadi Manajer Mamanya

Ia lalu menulis ulang lagu tersebut di rumah. Namun, Jeje mengaku, karyanya juga dipengaruhi oleh karya-karya sastrawan. Selain sosok Sapardi Djoko Damono yang menginspirasi lahirnya lagu Lagunya Begini Nadanya Begitu, Jeje mengaku membaca karya-karya WS Rendra dan Wiji Thukul

Jeje mengaku, dirinya merasa karya-karya sastrawan-sastrawan tersebut riil dan nyata. Dia pun merasa sepertinya bisa menulis karya yang semacam itu.

Menurut dia, karya-karya sastra yang dibacanya membantunya dalam menulis lirik lagu. Dari membaca, dirinya memiliki pengetahuan lebih tentang berbagai hal dan secara tidak langsung pengetahuan itu mengalir begitu saja ketika menulis lirik lagu.

Baca juga : Lirik dan Chord Gitar Lagu Januari - Glenn Fredly

"Saya mengetahui saya bisa menulis. Tapi saya tidak tahu yang seharusnya saya tulis," kata dia. Ketidaktahuan itu dibantu buku-buku yang dibacanya.

Awalnya, Jeje mengaku, dirinya melakukan proses imitasi, meniru idola, dalam menulis. "Kemudian saya membuat tulisan-tulisan saya sendiri," kata dia.

Dikalahkan Alkohol

Baca juga : Lirik Lagu Ibu, Karya Iwan Fals yang tidak Lekang oleh Waktu

Dalam kesempatan itu, Jeje juga mengaku, dirinya sudah tidak lagi mengonsumsi alkohol. "Aku kalah sama alkohol," kata dia.

Berdasarkan pengalamannya, dampak alkohol mengerikan bagi dirinya. Ia merasa melakukan kesalahan dan kekonyolan yang tidak perlu karena alkohol.

Yang paling parah, Jeje pernah dirawat di rumah sakit karena alkohol. "Aku dirawat empat hari karena alkohol ti. Berlebihan atau apa saya tidak tahu, tapi kurang lebih itu," kata dia.

Baca juga : Vania Abby Memperkenalkan Dirinya Melalui Single Two Kids

Ia mengaku, saat ini dirinya senang dengan kehidupan normal tanpa minum alkohol. Ia senang dengan hidup santai, normal, dan minum kopi.

Jeje hadir di Fakultas Ilmu Budaya UGM untuk menjadi penampil dalam acara Begini on Stage, yang merupakan bagian dari Peluncuran Perspustra FIB UGM. Beberapa lagu yang Jeje mainkan sore itu, antara lain Jalan Ninja, Lagunya Begini Nadanya Begitu, Hari-Hari Musik, dan Sekilas info.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat