visitaaponce.com

KSP PPKM Mikro Opsi Terbaik, Bukan Lockdown

KSP: PPKM Mikro Opsi Terbaik, Bukan Lockdown
Petugas kebersihan melintasi mural tentang pandemi covid-19 di Kawasan Tebet, Jakarta.(Antara)

PEMERINTAH memastikan tidak akan mengambil opsi lockdown total dalam menangani lonjakan kasus covid-19 di Tanah Air. Hal itu diungkapkan  Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin.

Setelah mempelajari situasi terkini, dengan memperhatikan kondisi sosial, ekonomi, politik dan juga pengalaman negara lain, kebijakan PPKM berskala mikro dianggap sebagai pilihan terbaik.

Kebijakan yang fokus pada akar masalah, lanjut Ngabalin, dinilai terbukti mampu menjadi solusi untuk mengatasi kasus covid-19 di Tanah Air.

Baca juga: Menkes: Lima Rumah Terpapar Covid-19, Satu RT akan Lockdown

"Kalau PPKM mikro terimplementasi dengan baik di lapangan, semestinya laju penularan dapat terkendali dalam beberapa pekan ke depan," ujar Ngabalin di Jakarta, Selasa (22/6).

Menurutnya, keberhasilan PPKM mikro juga sangat bergantung pada masyarakat di setiap daerah. Kebijakan tersebut tidak akan bisa berjalan maksimal, jika warga masih mengabaikan aturan pemerintah.

"Sedahysat apapun upaya yang dilakukan pemerintah, kalau tidak dapat dukungan dari masyarakat, pasti sulit. Mungkin bisa berjalan, tapi kita akan butuh waktu yang sanga lama," pungkas Ngabalin.

Baca juga: Inmendagri: Zona Merah Wajib WFH 75%, Restoran Take Away Bisa 24 Jam

Pihaknya pun meminta seluruh kepala daerah, terutama di wilayah zona merah, untuk bekerja lebih keras. Serta, menumbuhkan komitmen yang sama demi menghentikan penyebaran covid-19. Kepala daerah juga harus berkoordinasi dengan posko penanganan covid-19 yang telah disiagakan.

"Posko ini dibentuk untuk mengefektifkan pembatasan kegiatan masyarakat, penguatan testing dan tracing. Posko juga didirikan untuk mendorong perubahan perilaku masyarakat, sehingga disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," tandasnya.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat