visitaaponce.com

Jumlah Orang dengan Hipertensi Naik Dua Kali Lipat

Jumlah Orang dengan Hipertensi Naik Dua Kali Lipat
Pemeriksaan tekanan darah sebelum vaksinasi kepada pelajar di Surabaya, Jatim.(AFP/Juni Kriswanto.)

JUMLAH orang dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) naik lebih dari dua kali lipat sejak 1990. Ini menurut penelitian besar yang diterbitkan pada Rabu (25/8). Penelitian menemukan setengah dari semua penderita--sekitar 720 juta orang--tidak diobati pada 2019.

Hipertensi secara langsung terkait dengan lebih dari 8,5 juta kematian setiap tahun dan merupakan faktor risiko utama untuk penyakit stroke, jantung, dan hati. Untuk mengetahui tingkat hipertensi berkembang secara global selama 30 tahun terakhir, tim internasional dari Non-Communicable Disease Risk Factor Collaboration (NCD-RisC) menganalisis data dari lebih dari 1.200 penelitian nasional yang mencakup hampir setiap negara di dunia.

Baca juga: Penderita Hipertensi di Kanada dan Peru paling Rendah

Mereka menggunakan pemodelan untuk memperkirakan tingkat tekanan darah tinggi di seluruh populasi serta jumlah orang yang minum obat untuk kondisi tersebut. Analisis menemukan bahwa pada 2019 ada 626 juta wanita dan 652 juta pria yang hidup dengan hipertensi.

Itu mewakili kira-kira dua kali lipat dari perkiraan 331 juta wanita dan 317 juta pria dengan kondisi pada 1990. Analisis menemukan bahwa 41% wanita dan 51% pria dengan tekanan darah tinggi tidak menyadari kondisi mereka. Ini berarti ratusan juta orang tidak diobati secara efektif.

Baca juga: Olahraga Bermanfaat untuk Cegah Demensia

"Meskipun kemajuan medis dan farmakologis selama beberapa dekade, kemajuan global dalam manajemen hipertensi telah lambat, dan sebagian besar orang dengan hipertensi tetap tidak diobati," kata Majid Ezzati dari Imperial College London dan penulis studi senior. (AFP/OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat