visitaaponce.com

Risma Dapat Gelar Adat Adji Nasyrah Maliha

Risma Dapat Gelar Adat Adji Nasyrah Maliha
Menteri Sosial Tri Rismaharini(ANTARA/Didik Suhartono)

MENTERI Sosial Tri Rismaharini dianugerahi gelar Adji Nasyrah Maliha, yang bermakna pemimpin yang berwibawa, pengayom, pelindung dan bijaksana dari Lembaga Adat Bulungan, Kalimantan Utara.

"Saya diberikan kepercayaan dan dianugerahi gelar kehormatan yang sangat luar biasa, saya sama sekali tidak menyangka," ujar Risma saat mengunjungi Rumah Raya, salah satu situs bersejarah di Tanjung Palas, Bulungan, Kamis (28/10).

Pemberian gelar adat tersebut berdasarkan surat keputusan (SK Bupati Bulungan Nomor 188.45/553 tahun 2021 ) tentang Dewan Kepengurusan Lembaga Adat Kesultanan Bulungan dan Musyawarah Dewan Lembaga adat Kesultanan Bulungan.

Baca juga: Prananda Sebut Sumpah Pemuda Ajang Generasi Muda Bederma

Risma berharap gelar tersebut bisa membawa nama baik leluhur dari Kesultanan Bulungan. Dalam sambutannya, ia bercerita mengenai sejarah bangsa yang merupakan sesuatu kekayaan untuk Indonesia.

"Sejarah adalah sesuatu kekayaan yang akan membuat kita menjadi besar pula," terangnya.

Ketua Pemangku Adat Bulungan Datu Buyung Perkasa mengatakan insan - insan yang telah dianugerahi gelar akan dilaporkan secara nasional kepada Dewan Masyarakat Adat Nusantara di Jakarta serta Forum Silahtuhrami Raja, Kesultanan se-Nusantara.

Dalam keputusan tersebut, Lembaga Adat Kesultanan Bulungan mewajibkan Khusus Kepada Masyarakat Adat Kesultanan Bulungan. apabila insan - insan yang telah dianugerahkan gelar mengenakan pakaian symbol - simbol adat Bulungan maka wajib memanggil dengan nama gelar bangsawan.

"Ini satu-satunya kesultanan yang ada di kalatara, mudah mudahan apa yang kita lakukan dan apa yang kita niatkan selalu mendapat petunjuk dari Allah SWT," pungkasnya. (OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat