visitaaponce.com

Dorong Transformasi Digital, Kemendikbudristek Luncurkan Aplikasi dan Fasilitas Digital

Dorong Transformasi Digital, Kemendikbudristek Luncurkan Aplikasi dan Fasilitas Digital 
Ilustrasi aplikasi(Ilustrasi )

DIREKTORAT Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Dikti-Ristek) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi resmi meluncurkan sejumlah aplikasi digital, termasuk Artificial Inteligent (AI) Center pada Senin (3/1). Kelima fasilitas tersebut merupakan upaya Ditjen Dikti-Ristek dalam mendukung akselerasi transformasi digital dan memudahkan layanan, sekaligus menyiapkan talenta digital Indonesia. 

"Tujuan kita adalah mendekatkan layanan dan memudahkan layanan dari seluruh pengguna layanan di Ditjen Dikti-Ristek serta meningkatkan integritas layanan," ujar Plt. Dirjen Dikti-Ristek, Nizam, Senin (3/1). 

Aplikasi digital yang diluncurkan tersebut adalah Sistem Informasi Kelembagaan (SIAGA), Satu Dikti, Single Sign On (SSO), Neo Feeder serta Dikti AI Center. Lewat aplikasi tersebut bisa memudahkan layanan bagi para stakeholder yang terlibat. 

Khusus untuk Dikti AI Center, Nizam menjelaskan, aplikasi tersebut sangat penting bagi dunia riset perguruan tinggi. Mahasiswa dan dosen bisa memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menjalankan program mikro kredensial di bidang AI. 

Baca juga : Orang Tua Murid Khawatir dengan PTM 100%, KPAI Minta Prokes Dilaksanakan dengan Ketat 

"AI Center ini akan menjadi milik seluruh dosen dan mahasiswa untuk berbagai macam proyek mahasiswa, demikian dosen," terangnya. 

Kehadiran AI Center juga turut mendukung pengembangan talenta dan riset di bidang AI. Sehingga Indonesia bisa menjadi negara yang terpandang dengan kemajuan teknologinya dan bermanfaat bagi industri. 

Lebih lanjut, Nizam membeberkan, Dikti AI Center memiliki super komputer dengan kecepatan 25 petaflops atau setara 25.000 giga per detik. Dengan super komputer, banjir data yang menjadi fenomena era digital saat ini bisa dikendalikan dan dimaksimalkan untuk riset dan industri. (OL-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat