visitaaponce.com

Atasi Pandemi, Menkes Perlu Harmonisasi Standar Prokes Global

Atasi Pandemi, Menkes: Perlu Harmonisasi Standar Prokes Global
Menteri Kesehatan Budi Gunadi saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi IX DPR.(Antara)

MENTERI Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyoroti pentingnya berbagai negara untuk fokus dua hal dalam penanganan pandemi covid-19.

Rinciannya, harmonisasi standar protokol kesehatan global dan peningkatan respons penanganan pandemi. "Menyelaraskan standar protokol kesehatan global untuk menghidupkan kembali mobilitas global," ujar Budi dalam The Indonesia Healthcare Future Forward T20, Selasa (8/3).

"Sehingga, penting untuk memastikan standar protokol kesehatan yang komprehensif, yang melindungi dari wabah penyakit di masa depan," imbuhnya.

Baca juga: Kondisi Jawa-Bali Membaik, PPKM Dilonggarkan

Menurut Budi, harmonisasi protokol kesehatan global bisa disokong data yang terpadu. Dengan begitu, bisa diakses semua pihak. "Kita perlu menyelaraskan standar protokol kesehatan global dan perjalanan internasional. Untuk memungkinkan pemulihan sosial dan ekonomi yang cepat," pungkas Budi.

Lebih lanjut, dia menekankan penggunaan aplikasi digital untuk saling mengenali sistem informasi kesehatan, termasuk mobilitas lintas batas. Berikut, memperluas pusat penelitian dan manufaktur global untuk pencegahan, kesiapsiagaan dan respons pandemi.

Baca juga: Angka Kematian Covid-19 di Indonesia Nomor Dua Tertinggi di Dunia

Budi juga mendorong negara-negara di dunia untuk melakukan deteksi dini. Serta, merespons pandemi secara efektif dengan cara yang sangat terkoordinasi.

"Bersama-sama, kita harus meningkatkan kapasitas kita untuk mencegah, mendeteksi dan merespons pandemi secara efektif. Hal ini dapat dilakukan dengan mengoptimalkan platform berbagi data genomik yang terbuka dan terpercaya," tuturnya.

Indonesia dikatakannya berkomitmen untuk mendorong negara-negara agar membangun ketahanan sistem kesehatan global. Dalam hal ini, dengan menyinergikan penanggulangan keuangan dan kesehatan, hingga mobilisasi.(OL-11)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat