visitaaponce.com

Virus Selamatkan Jutaan Nyawa Lawan Bakteri Kebal Antibiotik

Virus Selamatkan Jutaan Nyawa Lawan Bakteri Kebal Antibiotik
Para peneliti bekerja di laboratorium Institut Bakteriofag Eliava di Tbilisi pada 24 Februari 2022.(AFP/Vano Shlamov.)

MUNGKIN tampak aneh setelah pandemi yang menewaskan jutaan orang dan menjungkirbalikkan dunia, ternyata virus dapat menyelamatkan banyak nyawa. Dalam cawan petri di laboratorium di ibu kota Georgia, Tbilisi, terjadi pertempuran antara bakteri resisten antibiotik dan virus 'ramah'.

Negara kecil di Kaukasus itu memelopori penelitian tentang cara inovatif untuk mengatasi mimpi buruk bakteri yang menjadi resisten terhadap antibiotik sebagai sandaran dunia. Lama diabaikan di Barat, bakteriofag atau virus pemakan bakteri sekarang digunakan pada beberapa kasus medis yang paling sulit, termasuk seorang wanita Belgia yang mengembangkan infeksi yang mengancam jiwa setelah terluka dalam pengeboman bandara Brussels pada 2016.

Setelah dua tahun pengobatan antibiotik yang gagal, bakteriofag yang dikirim dari Tbilisi menyembuhkan infeksinya dalam tiga bulan. "Kami menggunakan fag yang membunuh bakteri berbahaya untuk menyembuhkan pasien ketika antibiotik gagal," kata Mzia Kutateladze dari Eliava Institute of Bacteriophages kepada AFP.

Bahkan infeksi dangkal dapat, "Membunuh pasien karena patogen telah mengembangkan resistensi terhadap antibiotik," kata Kutateladze. Dalam kasus seperti itu, fagoterapi, "menjadi salah satu alternatif terbaik," tambahnya.

Baca juga: Lembaga Keuangan Dunia Sepakat Selamatkan Alam dari Penghancuran Manusia

Fag telah dikenal selama satu abad. Sayangnya, sebagian besar hal itu dilupakan dan diabaikan setelah antibiotik merevolusi pengobatan pada 1930-an.

Antek Stalin 

Orang yang paling banyak mengembangkan fag, ilmuwan Georgia Giorgi Eliava, dieksekusi pada 1937 atas perintah orang Georgia lain, Lavrentiy Beria, antek paling terkenal Stalin dan kepala polisi rahasianya. Eliava pernah bekerja di Institut Pasteur di Paris dengan ahli mikrobiologi Prancis-Kanada Felix d'Herelle, salah satu dari dua orang yang dianggap sebagai penemu fag, dan membujuk Stalin untuk mengundangnya ke Tbilisi pada 1934.

Namun kolaborasi mereka terputus ketika Beria membunuh Eliava, meskipun motifnya masih menjadi misteri. Dengan Organisasi Kesehatan Dunia mendeklarasikan resistensi antimikroba sebagai krisis kesehatan global, fag kembali, terutama karena mereka dapat menargetkan bakteri sambil membiarkan sel manusia tetap utuh.

Suatu studi baru-baru ini memperingatkan bahwa superbug dapat membunuh sebanyak 10 juta orang per tahun ketika resistensi antimikroba karena penggunaan antibiotik yang berlebihan mencapai titik kritis. Itu bisa datang dalam tiga dekade.

Pelatihan virus 

Obat-obatan berbasis fag tidak dapat sepenuhnya menggantikan antibiotik. Para peneliti mengatakan mereka memiliki kelebihan utama karena murah, tidak memiliki efek samping, atau merusak organ atau flora usus.

Baca juga: Enam Proses Tubuh Kuatkan Imun akibat Puasa Ramadan

"Kami memproduksi enam fag standar yang berspektrum luas dan dapat menyembuhkan berbagai penyakit menular," kata dokter dari Institut Eliava, Lia Nadareishvili. Namun, pada sekitar 10% hingga 15% pasien, fag standar tidak berfungsi. "Kita harus menemukan fag yang mampu membunuh jenis bakteri tertentu," tambahnya.

Fag yang disesuaikan untuk menargetkan infeksi langka dapat dipilih dari koleksi besar institut itu--yang terkaya di dunia--atau, "Ditemukan di air limbah atau air atau tanah yang tercemar," kata Kutateladze. Lembaga ini bahkan dapat 'melatih' fag sehingga mereka dapat membunuh lebih banyak bakteri berbahaya yang berbeda. "Ini terapi yang murah dan mudah diakses," tambahnya.

Perawatan terakhir 

Seorang insinyur mesin Amerika berusia 34 tahun yang menderita penyakit bakteri kronis selama enam tahun mengatakan kepada AFP bahwa dia sudah merasakan perbaikan setelah dua minggu di institut Tbilisi. "Saya sudah mencoba setiap pengobatan yang mungkin dilakukan di Amerika Serikat," kata Andrew yang hanya mau menyebutkan nama depannya.

Dia menjadi, kata Nadareishvili, salah satu dari ratusan pasien dari seluruh dunia yang tiba di Georgia setiap tahun untuk perawatan terakhir. Dengan menipisnya gudang antimikroba tradisional dengan cepat, kata Kutateladze, diperlukan lebih banyak studi klinis sehingga fagoterapi dapat lebih disetujui secara luas.

Baca juga: Orang yang Dibesarkan dalam Kota Lebih Buruk tentang Navigasi

Pada 2019, Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengesahkan studi klinis tentang penggunaan bakteriofag untuk menyembuhkan infeksi sekunder pada pasien covid-19. Di luar obat-obatan, fag sudah digunakan untuk di bidang makanan. "Mereka dapat digunakan dalam pertanian untuk melindungi tanaman dan hewan dari bakteri berbahaya," kata Kutateladze. Lembaga tersebut telah melakukan penelitian pada bakteri yang menargetkan kapas dan beras. 

Bakteriofag juga memiliki potensi untuk melawan senjata biologis dan memerangi bioterorisme. Peneliti Kanada menerbitkan studi pada 2017 tentang penggunaannya untuk melawan serangan antraks di tempat-tempat umum yang ramai. (OL-14)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Wisnu

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat