visitaaponce.com

Kasus Hepatitis Akut Bertambah Menjadi 16 Orang

Kasus Hepatitis Akut Bertambah Menjadi 16 Orang
Ilustrasi anak-anak yang bermain dengan latar belakang gedung perkantoran.(Antara)

HINGGA 23 Mei 2022, kasus hepatitis akut yang belum diketahui etiologinya (acute hepatitis of unknown aetiology) secara kumulatif tercatat 35 kasus.

Rinciannya, bukan hepatitis akut sebanyak 19 kasus, pending classification 15 kasus dan 1 probable. "Saat ini, diduga ada 16 kasus hepatitis berat yang belum diketahui etiologinya," ujar Juru Bicara Kementerian Kesehatan Mohammad Syahril dalam konferensi pers virtual, Selasa (24/5).

Baca juga: 31 Negara Laporkan Hepatitis Akut

"Di antaranya 1 probable dan 15 pending. Sehingga, kasus ini bertambah 2 pasien, dari sebelumnya berjumlah 14 kasus," imbuhnya.

Pasien hepatitis akut tersebar di beberapa provinsi. Seperti, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bangka Belitung, Kalimantan Timur, NTB, Bali, Jawa Timur, Yogyakarta dan DKI Jakarta. Penambahan kasus berasal dari Sulawesi Selatan dan Banten dalam klasifikasi pending.

"Khusus probable itu baru di DKI Jakarta. Jumlah pasien antara lain DKI Jakarta 5 kasus, Bali dan Jawa Timur 2 kasus. Sementara Bangka Belitung, Banten, Yogyakarta, Jambi, NTB, Sumatera Barat dan Sulawesi Selatan masing-masing 1 kasus," jelas Syahril.

Baca juga: Pemerintah: Jalankan Prokes Seperti Covid-19 Hadapi Hepatitis Akut

Dari 16 kasus, lanjut dia, 68,7% atau 11 pasien merupakan anak laki-laki dan 5 perempuan. Adapun kelompok usia kasus ialah 0-5 tahun sebanyak 11 pasien, 6-10 sekitar 3 pasien dan 11-16 tahun sebanyak 2 pasien.

Lalu, sebanyak 3 pasien dilaporkan meninggal dengan status 1 probable dan 3 pending classification. Sementara itu, 12 pasien masih dirawat. Untuk pasien yang meninggal berusia 2 bulan hingga 8 tahun.

Patogen lain yang juga ditemukan pada pasien hepatitis akut ini 1 pasien positif covid-19 dan 1 pasien positif Cytomegalovirus. Dari 35 kasus, sebanyak 19 pasien sudah masuk status discarded, karena ditemukan virus DB, infeksi bakteri, hepatitis A, leukimia, drug induced hepatitis dan dilated cardiomyopathy.(OL-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat