visitaaponce.com

Pengamat Sosial Para Content Creator Bisa Jadi Kakak Asuh bagi Remaja SCBD

Pengamat Sosial: Para Content Creator Bisa Jadi Kakak Asuh bagi Remaja SCBD
Peragaan busana jalanan di lokasi yang kini sering disebut Citayam Fashion Week.(MI/RAMDANI)

PENGAMAT Sosial, Devie Rahmawati, menilai Pemprov DKI Jakarta tidak dapat sendirian dalam menangani fenomena Citayam Fashion Week. Dalam hal ini, posisi pemerintah menurutnya perlu untuk menjembatani semangat berkesenian anak-anak muda asal Sudirman, Citayam, Bojonggede, Depok (SCBD) yang nongkrong di Dukuh Atas, Jakarta Pusat dengan para profesional sehingga bisa membimbing mereka menjadi lebih berdaya. 

"Pemerintah tidak bisa jalan sendiri. Pemerintah perlu menggandeng para profesional yang ahli konten dan ahli fesyen, supaya menjadi kakak asuh bagi adik-adik ini," ujar Devie dalam talkshow Nunggu Sunset bertajuk Magnet Citayam Fashion Week, Jumat (29/7).

Baca juga: IDI Sambut Baik Rencana Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan

Selain peran pemerintah, Devie menambahkan, orang tua memiliki peran besar dalam membimbing anak-anaknya sehingga tidak terjerumus ke dampak negatif dari digitalisasi yang marak isu-isu kejahatan terhadap anak.

"Jelas jika anak dan remaja mengkonsumsi tayangan-tayangan yang bertentangan dengan norma-norma sosial agama dan budaya itu salah orang tuanya karena membebaskan sang anak untuk bisa mengakses sosial media tanpa bimbingan" paparnya. 

Sama halnya dengan fenomena Harajuku, di Jepang, sejatinya anak-anak muda tersebut, menurut Devie, sedang dalam fase pencarian jati diri dan butuh perhatian sehingga memerlukan panggung untuk dirinya bertumbuh.

Dalam hal ini pihaknya sangat bangga dan mendukung karena para remaja SCBD tersebut memilih untuk berkesenian daripada melakukan aksi kekerasan di jalanan. 

"Jadi mereka lebih memilih tarung fashion daripada tawuran," imbuhnya.

"Kenapa di jalan? Karena kalau bisa ekspresikan itu, mereka diperhatikan dan dipuji," pungkasnya. (OL-6)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Astri Novaria

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat