visitaaponce.com

3M Tantang Mahasiswa Ambil Bagian dalam 3M Inspire Challenge 2022

3M Tantang Mahasiswa Ambil Bagian dalam 3M Inspire Challenge 2022
3M Inspire Challenge(MI/HO)

PERUSAHAAN sains global 3M, Selasa (2/8), meluncurkan edisi kedua program case challenge, 3M Inspire Challenge. Kompetisi yang sebelumnya telah diselenggarakan di berbagai negara Asia Tenggara itu, kini, dibuka untuk mahasiswa semua disiplin ilmu dan latar belakang di 10 negara Asia Pasifik, yakni Australia, Selandia Baru, India, Korea, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Tantangan dalam kompetisi ini bertujuan meningkatkan bisnis 3M dan meningkatkan kualitas di tiga fokus tema yaitu Material Berkelanjutan, Paradigma Baru (Dunia Sadar Pandemi), dan Kesetaraan (Melalui Sains dan Teknologi).

Tema-tema itu selaras dengan tiga dari lima tren utama yang dipamerkan di platform 3M Futures, yang mengidentifikasi tren, wawasan, dan perspektif tentang sains paling menarik saat ini – dan di masa depan. 

Baca juga: Traveloka Dukung Pemerintah Perketat Tracing dan Tracking Covid-19

Survei persepsi sains tahunan 3M yakni 3M State of Science Index 2022, juga menemukan bahwa keberlanjutan dan kesetaraan sebagai prioritas utama bagi para responden di Asia-Pasifik.

Dalam mempersiapkan motivasi untuk tantangan tersebut, Senior Vice President, 3M Asia Corporate Affairs and Managing Director, 3M Korea Jim Falteisek mengatakan, “Kami bersemangat mengembangkan kemampuan mahasiswa termasuk ide, dan ilmu pengetahuan. Melalui kompetisi 3M Inspire Challenge 2022, kami ingin mengungkap solusi untuk menciptakan dunia yang lebih positif untuk masa depan, sambil memanfaatkan keahlian kami untuk menumbuhkan generasi pemimpin, pemikir, dan kreator masa depan.”

Untuk membantu tim terpilih menyempurnakan ide mereka dalam persiapan kompetisi tingkat final, para ilmuwan dari 3M akan membimbing tim yang berpartisipasi mulai September 2022 dan seterusnya.

Kompetisi ini dimulai dengan babak semifinal Tingkat Nasional, dengan tiga tim yang terpilih akan bersaing dengan rekan-rekan senegara mereka di panel penjurian yang akan dilakukan pada Oktober tahun ini.

Pemenang tahap ini akan dinobatkan sebagai Country Champions. Tim pemenang dari masing-masing negara akan memenangkan hadiah uang tunai sebesar US$2.000 dan mendapatkan kesempatan magang di kantor 3M setempat.

Selanjutnya, pada November, Country Champion dari masing-masing negara akan melaju ke Final Tingkat Regional. Di sana, tim pemenang utama akan dinobatkan sebagai Regional Champions dan mendapatkan uang tunai sebesar US$5.000.

Kompetisi 3M Inspire Challenge telah berjalan sukses tahun lalu, dengan total 122 tim dari Asia Tenggara yang berpartisipasi. 

Pada tahun lalu, solusi cerdas di bidang keberlanjutan terbaik yakni Smart Bandage yang dapat memantau berbagai tahap proses penyembuhan luka yang diusulkan oleh tim Malaysia, kemudian 3M 360° Virtual Store dari tim Vietnam, serta masker bedah bioplastik berkelanjutan yang digagas oleh tim Indonesia.

Mendorong partisipasi yang beragam dalam bidang STEM Dengan menekankan inovasi melalui keragaman dan inklusi, 3M Inspire Challenge menjadi contoh bagaimana 3M berdedikasi untuk mengembangkan para talenta yang beragam dalam sience, technology, engineering, dan mathematics (STEM).

Setiap tim wajib terdiri satu laki-laki dan satu perempuan, dengan begitu 3M dapat memastikan bahwa perempuan memiliki kesempatan yang sama untuk mengasah ketajaman inovasi mereka dan mendapatkan posisi di bidang STEM, yang pada akhirnya dapat membuka jalan bagi ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif.

Kompetisi 3M Inspire Challenge tercipta atas beragam keterlibatan komunitas 3M yang selaras dengan komitmen perusahaan. Hal ini termasuk kemitraan dengan beberapa LSM seperti DoctoRabbit dan YCAB Foundation untuk memberikan kesempatan pendidikan STEM berkualitas tinggi bagi siswa dari berbagai latar belakang dan memberikan dampak positif di bidang pendidikan dan sains. (RO/OL-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat