visitaaponce.com

Gelar Mubes, LKBH UEU Tingkatkan Bantuan Hukum untuk Masyarakat

LEMBAGA Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Universitas Esa Unggul (UEU) merupakan organisasi bantuan hukum yang dapat digunakan warga masyarakat untuk memperoleh bantuan hukum sesuai amanah UU No 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum, yang merupakan hak dasar pemenuhan hak asasi manusia.

LKBH UEU telah terakreditasi oleh Kementerian Hukum dan HAM RI dengan register Nomor M.HH-02.HN.03.03 untuk Periode 2021 sampai dengan 2024.

Untuk selanjutnya LKBH UEU juga telah melakukan nota sepemahaman dengan Pengadilan Negeri Jakarta Barat, untuk bertugas di Pos Bantuan Hukum (posbakum) Pengadilan Negeri Jakarta Barat untuk mendampingi terdakwa dalam menghadapi kasus pemeriksaan kasus pidana dan perdata di Pengadilan Negeri Jakarta Barat, khususnya bagi masyarakat yang kurang mampu.

LKBH UEU juga menerapkan kurikulum dan bahan ajar dari Arizona State University (ASU), dan dikembangkan melalui praktik peradilan semu (mootcourt) dalam subjek ketatanegaraan.

Melalui kerja sama dengan Arizona State University memulai transformasi digital untuk memodernisasi pengalaman pendidikan, meningkatkan kurikulum, membuat program inovatif baru, dan memperluas peluang untuk kolaborasi penelitian, pengabdian masyarakat yang semuanya sebagai bagian dari upaya untuk menghasilkan lulusan yang kompetitif di lingkungan global.

Rektor Universitas Esa Unggul Dr. Ir. Arief Kusuma Among Praja,ST,, MBA, IPU, menuturkan  UEU telah resmi bekerja sama dengan Arizona State University (ASU) dan Cintana Alliance sejak Mei 2022 lalu demi mewujudkan komitmen UEU untuk memberikan pendidikan unggul kepada mahasiswa di seluruh Indonesia.

UEA bertekad menjadi world-class university,maka salah satunya adalah kurikulum di Fakultas Hukum dapat dikembangkan dan mengadopsi melalui kerja sama dengan Arizona State University (ASU).

Pada Kamis (23/2), LBKH UEU melaksanakan agenda tahunan yaitu Musyawarah Besar (Mubes). Mubes dan serah terima jabatan LKBH UEU Periode 2022/2023 diselenggaraka di ruang 610-611 Gedung Utama Universitas Esa Unggul, Jakarta.

Acara ini bertujuan untuk membahas AD/ART, dan Laporan Pertanggung Jawaban kepengurusan LKBH periode 2021/2022 serta melanjutkan kepengurusan melalui penyerahan jabatan dari kepengurusan sebelumnya ke kepengurusan yang baru.

Diharapkan dalam Mubes dan Serah Terima Jabatan ini dapat memenuhi target yang ingin dicapai, meliputi setiap pengurus LKBH mampu berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang diadakan, memegang erat komitmen yang telah diambil sebelumnya.

Selain itu, LKBH UEU dapat terus membantu memberikan bantuan hukum kepada masyarakat umum secara pra bono, terjalinnya sebuah kekeluargaan dan terlepas dari perpecahan serta pengurus mampu memahami AD/ART, dan Visi Misi lembaga tersebut.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kegiatan ini terdiri dari dua agenda utama yaitu Mubes dan Serah Terima Jabatan.

Kegiatan Mubes dimulai dengan pembukaan dari MC, persembahan tarian adat, dan dilanjutkan dengan penyerahan berkas laporan pertanggung jawaban periode sebelumnya.

Lalu dilanjutkan dengan penetapan KetuaHarian baru, serta pembacaan sumpah jabatan bagi calon Ketua Harian baru

.Sedangkan Serah Terima Jabatan dan pelantikan Ketua Harian LKBH Periode 2022/2023 dimulai dengan pembacaan sumpah jabatan ketua dan penandatanganan berita acara serah terima jabatan.

Kegiatan itu sendiri banyak dihadiri oleh para dosen yang berasal dariUEU , di antaranyaMen Wih Widiatno, S.H., S.Kom., M.M., M.Kn., I Gede Hartadi Kurniawan, S.E., S.H, M.Kn. dan Nugraha Abdul Kadir, S.H., M.H.sebagai pemimpin sidang dalam Musyawarah Besar LKBH Esa Unggul. Lalu dihadiri juga oleh tamu undangan yang terhormat Dr. Wasis Susetio, S.H, M.H.

Selain itu, ada Nurhayani, S.H, M.H., Dr. Idris Wasahua, S.Ag., M.H., Dr. H. Freddy Haris, S.H., LL.M., ACCS, Anatomi Muliawan, S.H., LL.M., Fitria Olivia, S.H, M.H., Dr. Joko Widarto, S.H., M.H., Dr. Annisa Fitria, S.H., M.H., M.Kn., Rita Alfiana, S.E., S.H., M.Kn.., Balai Pemasyarakatan dan Posbakum.

Pelantikan pengurus LKBH UEU berlangsung secara hybrid. Selain melalui Zoom meeting, acara pelantikan juga mengundang alumni LKBH UEU, anggota aktif LKBH UEU dan juga perwakilan oleh masing-masing angakatan sebagai saksi dari berlangsungnya kegiatan ini. (RO/OL-09)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Deri Dahuri

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat