visitaaponce.com

Sekjen PBB Yusril Beberapa Kali Dimintai Pendapat oleh Presiden Jokowi Soal Hukum

Sekjen PBB: Yusril Beberapa Kali Dimintai Pendapat oleh Presiden Jokowi Soal Hukum
Yusril Ihza Mahendra(MI/Usman)

SEKRETARIS Jenderal (Sekjen) Partai Bulan Bintang (PBB) Ir Afriansyah Noor MSi menegaskan Yusril Ihza Mahendra adalah sosok yang mengerti tentang hukum tata negara, praktisi hukum dengan pengalaman luar biasa, dan juga seorang negarawan.

“Dari semua nama yang beredar di media, sosok yang mengerti tentang hukum dan tata negara dengan baik adalah Pak Yusril, beliau juga negarawan,” ujar Ferry, biasa ia disapa, dalam keterangan yang diterima, Rabu (27/9).

Ferry menambahkan Yusril mengalami berbagai dinamika politik yang terjadi di Indonesia, seperti era Orde Baru, reformasi, pasca reformasi, dan hingga saat ini, yang membuat Yusril memiliki kemampuan dan pengalaman luar biasa dalam dunia politik Tanah Air.

Baca juga : Tujuan Konstitusi dan Fungsi bagi suatu Negara

Dengan berbagai pengalaman dan kemampuan itu, Yusril bisa menjadi sosok yang tepat untuk memfasilitasi transisi kekuasaan secara baik.

“Banyak hal sudah beliau lakukan untuk menengahi persoalan-persoalan negara di bidang hukum, termasuk persoalan hukum yang melanda beberapa presiden setelah memasuki masa selesai tugas,” tambah Ferry.

Sosok yang juga menjadi Wakil Menteri Tenaga Kerja ini mencontohkan keberhasilan lobi yang dilakukan Yusril, di antaranya adalah membebaskan Presiden ke-2 RI Soeharto dari masalah yang melanda.

Baca juga : Pengertian Hukum dan Peran Hukum dalam Mewujudkan Keadilan

“Sebelum wafat, Pak Harto akhirnya diberikan kebebasan atas apa yang menjadi persoalan beliau. Itu yang saya ketahui akibat lobi Pak Yusril,” ujar Ferry.

Contoh lainnya, saat ada persoalan hukum melanda beberapa keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Yusril memberikan arahan dan kontribusinya untuk menyelesaikan masalah ini dengan baik.

Pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini, Yusril juga tetap memberikan kontribusinya kepada negara dengan memberikan saran dan masukan kepada pemerintah tentang bagaimana menyelesaikan masalah-masalah hukum dengan baik.

Baca juga : Ini Manfaat Pusat Bantuan Hukum dan Cara Masyarakat Bisa Mengaksesnya

Ferry menyebut terdapat berbagai persoalan hukum, seperti Undang-undang Cipta Kerja dan beberapa produk hukum yang menimbulkan polemik di tengah masyarakat.

Menurut Ferry, dengan adanya sosok wakil presiden yang mumpuni pada persoalan hukum, berbagai persoalan hukum dapat dicegah untuk tidak terjadi lagi dan memperbaiki yang sudah terjadi.

“Pak Yusril beberapa kali diminta pendapat Pak Jokowi soal hukum. Pak Yusril memberi nasihat hukum bagaimana membuat presiden bisa lebih nyaman serta membantu memberikan arahan dan masukan kepada pemerintah,” pungkas Ferry. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat