visitaaponce.com

Sederet Prestasi, Gitana AP Terpilih jadi Duta PolbangtanPEPI 2023

Sederet Prestasi, Gitana AP Terpilih jadi Duta Polbangtan/PEPI 2023
Gitana Arum Prastanika terpilih sebagai Duta Polbangtan/PEPI 2023(dok.Polbangtan Bogor)

PERAN generasi muda dalam pembangunan pertanian sangatlah penting untuk mendongkrak pembangunan pertanian di Indonesia. Pasalnya, pertanian nasional sangat membutuhkan hadirnya regenerasi petani, oleh petani-petani muda yang diharapkan dapat menjadi sinergi untuk melengkapi keberhasilan petani-petani sebelumnya.

Saat ini, Kementerian Pertanian RI terus berupaya memotivasi generasi muda agar terjun ke sektor pertanian sekaligus menjadi motor penggeraknya. Banyak kegiatan diupayakan Kementan, di antaranya melalui ajang pemilihan Duta Politeknik Pembangunan Pertanian dan Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia 2023 (Polbangtan/PEPI) 2023.

Adalah Gitana Arum Prastanika, mahasiswi Jurusan Peternakan tingkat 2 Prodi Penyuluhan Peternakan dan Kesejahteraan Hewan yang terpilih menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023 selaku perwakilan dari Polbangtan Bogor.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan sosok yang berprestasi adalah orang  yang fokus pada apa yang menjadi fungsi, peranan dan tanggung jawabnya. "Apabila prestasi sudah diraih, berarti dia telah melakukan seluruh fungsi dan seluruh tugas yang ada untuk melahirkan prestasi, sekaligus mengajak yang lain untuk melakukan hal yang sama," ujar Mentan dalam keterangannya, Rabu (8/3/2023).

Penghargaan, kata Mentan Syahrul, sebenarnya sebuah pesan yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi yang turut hadir dan menyaksikan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh insan BPPSDMP yang telah berkinerja baik dan berhasil menorehkan prestasi.

“Kita harus bangga, karena yang kita kerjakan mendapat apresiasi. Seluruh insan pertanian, baik petani, penyuluh, poktan, gapoktan, juga petani milenial harus semangat untuk menjaga produktivitas pertanian," kata Dedi Nursyamsi.

Harapan serupa dikemukakan Direktur Polbangtan Bogor, Syaifuddin Anwar yang berkomitmen terus mendorong mahasiswa/i untuk belajar sungguh-sungguh dalam bidang akademik dan non akademik, agar mampu hadir maksimal selaku petani milenial maupun wirausahawan muda pertanian yang terdidik.

Gitana Arum Prastanika yang akrab disapa Gitana, sukses meraih banyak prestasi. Pertama kali diraihnya dari menulis puisi dan membuat video.

Tidak hanya belajar, Gitana juga mengembangkan minat, bakat dan hobi yang menjadikan dirinya menjadi mahasiswi berprestasi.

Dalam menulis puisi, Gitana berhasil meraih Juara II dan III VideoGraphy pada tingkat nasional, English vision pada tingkat ASEAN dan menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023.

Gitana pun memberikan tips dan trik membagi waktunya pada saat belajar dan mengembangkan hobi. ”Saya selalu membuat struktur kegiatan sehari-hari agar kegiatan saya dapat terstruktur rapi. Saya tahu skala prioritas kita yang harus dilakukan terlebih dahulu," katanya lagi.

Mahasiswi Jurusan Peternakan ini mengakui sudah mendapatkan prestasi sejak masih di bangku sekolah dasar (SD). "Saat itu saya menjadi juara kelas dan saya sangat bersyukur dan senang pada saat itu.”

Gitana mengaku tidak menyangka bahwa dirinya akan menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023 se-indonesia. ”Saya tidak menyangka. Pastinya bersyukur. Saya terpilih menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023. Di sisi lain, saya merasa bahwa ini tanggung jawab baru. Saya harus planning untuk ke depannya,” katanya.

Faktor pendorong utama menjadi menjadi mahasiswa berprestasi, katanya, dari diri sendiri terlebih dahulu dan dari kerabat terdekat seperti keluarga, dosen pembimbing dan teman-teman yang mendukung pada kegiatan yang dilakukannya.

Gitana mengatakan bahwa goals pertama yang akan ia lakukan pertama kali adalah memperkenalkan Polbangtan Bogor pada Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2023, karena banyak yang belum mengetahui tentang informasi PMB Polbangtan melalui media sosial. (N-3)

Baca Juga: Mahasiswa Polbangtan Bogor Produksi Cemilan Oyster Jamur Crispy

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat