visitaaponce.com

Duta Polbangtan Kementan 2023, Ini Sosok Firdaus Alfarizi Kurniawan

Duta Polbangtan Kementan 2023, Ini Sosok Firdaus Alfarizi Kurniawan
Firdaus Alfarizi Kurniawan terpilih sebagai Duta Polbangtan Bogor 2023(dok.polbangtan)

HARUMNYA nama Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan), khususnya Polbangtan Bogor tak lepas dari prestasi yang diraih seluruh civitas akademika baik mahasiswa, dosen, maupun pegawainya.

Salah satu sosoknya adalah Firdaus Alfarizi Kurniawan, mahasiswa Polbangtan Bogor jurusan Pertanian Program Studi (Prodi) Teknologi Mekanisasi Pertanian (TMP) yang terpilih menjadi Duta Polbangtan Bogor 2023 pada Perhelatan Duta Polbangtan/PEPI 2023 yang digelar di Depok, belum lama ini.

Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo menginstruksikan untuk terus meningkatkan regenerasi petani di Indonesia. "Kita fasilitasi mereka. Kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita ubah pola pikir generasi milenial bahwa pertanian itu keren dan hebat. Kita optimis di tangan generasi muda sektor pertanian akan lebih maju,” pesan Mentan Syahrul.

Menurutnya, penghargaan itu sesungguhnya sebuah pesan, yang menyampaikan kepada kita bahwa ada sesuatu yang telah diupayakan secara maksimal dengan penuh kesungguhan.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi menyambut baik arahan Mentan Syahrul Yasin Limpo.

"Pertanian di masa yang akan datang menjadi milik petani milenial. Untuk mencapai produktivitas pertanian yang tinggi, hal utama yang paling utama yaitu tersedianya SDM pertanian unggul, andal, profesional, dan mandiri serta berjiwa entrepreneur,” kata Dedi Nursyamsi.

Tak hanya menjadi Duta Polbangtan/PEPI 2023, Firdaus Alfarizi Kurniawan sebelumnya juga meraih beberapa prestasi yakni Jajaka Pinilih Kabupaten Bogor 2018, dan Paskibra Kabupaten Bogor 2018.

Firdaus mengatakan bahwa tanggung jawab sebagai siswa adalah belajar. “Namun disamping belajar, saya juga olahraga untuk membentuk tubuh yang sehat, sehingga kalau tubuh sehat, kita bisa ikut apa saja.”

Saat ditanya apa yang membuat Firdaus bisa mencapai hingga titik tersebut, "saya juga mendapatkan dorongan dari diri sendiri dan memiliki motivasi sebagai figur abdi tani muda dalam mewujudkan generasi milenial yang aktif, kreatif dan mandiri. Tentu itu menjadi landasan saya agar bisa menjadi Duta Polbangtan/PEPI.”

Setelah menjadi Duta Polbangtan/PEP 2023, Firdaus mengatakan memiliki sejumlah rencana ke depan.

"Di sini goals kita yaitu mempromosikan kampus dan juga pertanian di Indonesia, namun saat ini yang terdekat kami akan lebih fokuskan untuk pendaftaran Polbangtan Bogor dan juga menjadi wadah pemberi informasi bagi yang ingin masuk Polbangtan, jadi kita sebagai penyalur dan agen promosi,” katanya lagi.

Firdaus pun memberikan pesan untuk rekan rekan sesama mahasiswa Polbangtan agar tetap semangat. "Tetap semangat, masih banyak prestasi-prestasi di luar sana yang tidak hanya soal akademik, non akademik pun akan membantu untuk sosialisasi dengan masyarakat," katanya lagi. (N-3)

Baca Juga: Sederet Prestasi, Gitana AP Terpilih jadi Duta Polbangtan/PEPI 2023

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Muhamad Fauzi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat