visitaaponce.com

Datangi Kampus Prasmul, AAUI Dorong Literasi Keuangan di Kalangan Perguruan Tinggi

Datangi Kampus Prasmul, AAUI Dorong Literasi Keuangan di Kalangan Perguruan Tinggi
Literasi keuangan dan sosialisasi aktuaria yang digelar AAUI di Kampus Praseiya Mulya Tangsel(MI/Syarief Oebaidillah)

ASOSIASI Asuransi Umum Indonesia (AAUI) bersama Universitas Prasetiya Mulia (Prasmul) didukung PT Asuransi Tokio Marine Indonesia menggelar literasi keuangan bagi mahasiswa Program Studi (Prodi) Bisnis Matematika Sekolah STEM kampus Prasmul, BSD, Tangerang, Selasa (21/3)

"AAUI mendatangi kampus-kampus menggelar Literasi Keuangan bagi para mahasiswa, diantaranya kampus Prasmul ini yang punya Sekolah STEM tentang Bisnis Matematika yang mengembangkan Aktuaria," kata Kepala Departemen Literasi AAUI Harris Marpaung pada talkshow bertajuk AAUI Goes to Prasmul. 

Acara yang dipandu Kepala Prodi Bisnis Matematika Sekolah STEM Prasmul, Maria Zefanya, menghadirkan narasumber dari Asuransi Tokio Marine Indonesia yang dibuka secara resmi Dekan Sekolah STEM Prasmul Stevanus Wisnu Wijaya.

Baca juga : Unkris Gelar Uji Publik Calon Satgas Penanganan Kekerasan Seksual

Menurut Harris, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menerbitkan surat bagi 51 perusahaan asuransi di Indonesia yang belum mempunyai sumber daya manusia (SDM) tenaga aktuaria agar segera memiliki tenaga aktuaria tersebut.

"Jadi kita sangat kurang tenaga aktuaria. Nah di Prasmul, kami ingin mengingatkan kepada teman-teman, tetap semangat belajar tentang aktuaria. Ada keluhan tentang ujian aktuaria sulit. Nah mesti disiasati dengan strategi pengaturan belajarnya. Saran saya buka media sosial atau medsos youtube anda, pelajari tentang aktuaria dengan penuh semangat," kata Harris.

Harris menambahkan, prospek arau masa depan tenaga kerja bidang aktuaria sangat menjanjikan. Menurutnya, Indonesia sangat membutuhkan tenaga kerja atau profesi bidang aktuaria dengan benefit sangat baik. 

Baca juga : KB Insurance Gelar Literasi Keuangan dan Berdayakan Kalangan Mahasiswa

"Profesi aktuaria memiliki gaji di atas rata-rata, boleh pangkatnya manager tetapi gaji nya sama dengan senior manager di tempat lain," ungkapnya.

Menyinggung sosialisasi aktuaria bagi kalangan generasi milenial, AAUI juga merekatkan pada digitalisasi. Diantaranya membuat sosialisasi dengan pola-pola digital, dengan membuat konten lomba dan sejenisnya kemudian disambungkan ke media sosial.

"Berapa banyak yang klik, itu yang kita lakukan.seperti para guru di Kalimantan.dan pelosok daerah juga ikut serta pada sosialisasi digital yang AAUI gencarkan," tukas Harris seraya menyarankan pihak Prasmul memberi pendampingan usai acara tersebut.

Baca juga : Memantik Semangat Mahasiswa Baru ITB 2023 melalui Kegiatan Talkshow

Kepala Prodi Bisnis Matematika Sekolah STEM Prasmul Maria Zanefa mengatakan, tujuan acara ini untuk memberikan wawasan, literasi mengenai aktuaria di Indonesia khususnya industri asuransi umum di Indonesia. 

"Juga membahas prospek karir aktuaris serta suplay and demand di Indonesia, karena mengingat kebutuhan untuk profesi demand cukup tinggi, walaupun suplay nya masih belum banyak," papar Maria.

Dia berharap kegiatan itu memberikan motivasi bagi para mahasiswa Prasmul untuk berkarir secara profesional sebagai aktuaris di industri asuransi. Karena kebutuhannya cukup tinggi, mahasiswa diminta mempersiapkan diri dengan cara mengikuti ujian sertifikasi aktuaria.

Baca juga : Rektor Unas: Mahasiswa Baru Perlu Terus Mengasah Kemandirian

Mariq melihat sosialisasi kegiatan ini bisa membuka wawasan mahasiswa untuk industri asuransi bagi yang tertarik untuk terjun bekerja sebagai aktuaris terbuka lebar.

Pihaknya juga membuka penjajakan untuk program magang pada industri asuransi khususnya dengan PT Asuransi Tokio Marine Indonesia.

Dikatakan saat ini Prodi Bisnis Matematika Sekolah STEM Prasmul memiliki dua klub yang sedang berjalan yakni Aktuaria Sains Club, dan Data Sains Club. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat