visitaaponce.com

JK Perguruan Tinggi Harus Ajarkan Ilmu Kewirausahaan kepada Mahasiswa

JK: Perguruan Tinggi Harus Ajarkan Ilmu Kewirausahaan kepada Mahasiswa
Jusuf Kalla menghadiri acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Yarsi, Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023, Sabtu (8/4).(Humas Universitas Yarsi)

Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 Muhammad Jusuf Kalla (JK) menyampaikan orasi ilmiah dalam acara Wisuda Sarjana dan Pascasarjana Universitas Yarsi, Semester Ganjil Tahun Akademik 2022-2023, Sabtu (8/4). Di hadapan 439 wusadawan, JK membagikan poin-poin penting agar para lulusan baru bisa sukses di dunia kerja.

“Ilmu pengetahuan memang penting untuk dikuasai. Namun, kita juga tidak boleh melupakan peran agama sebagai poros utama kehidupan,” ujar JK.

Selain itu, ia juga menekankan pentingnya kemampuan berwirausaha dalam kehidupan. Oleh karena itu, menurutnya, harus ada keseimbangan antara ilmu pengetahuan, agama, dan kewirausahaan.

Baca juga: Cerita Inspiratif Alumni Polbangtan yang Sukses Jadi Peternak Kambing

"Pendidikan kewirausahaan hendaknya ada dalam satu semester di semua program studi. Dengan begitu, mahasiswa punya pengetahuan dasar mengembangkan diri. Pendidikan kewirausahaan merupakan dasar pengembangan diri," tuturnya.

Dengan diajarkannya ilmu kewirausahaan, kampus secara tidak langsung telah berkontribusi mempersiapkan lapangan pekerjaan dan membantu meningkatkan kesejahteraan para lulusannya. Selain itu konflik-konflik di Indonesia, termasuk masalah demokrasi, bisa didamaikan dengan menciptakan keseimbangaan lewat ekonomi dengan adanya pendidikan kewirausahaan.

Baca juga: Pembelajaran Perdana Pendidikan Kecakapan Wirausaha 2023 Resmi Dibuka

"Jika nanti mahasiswa jadi pebisnis, pegang teguh prinsip-prinsip efisiensi,

efektivitas, dan produktivitas. Kita harus cepat, mudah beradaptasi dengan lingkungan baru

dengan cepat. Laksanakan keputusan secara konsisten dan catat data, informasi, dan proses pengambilan keputusan yang dijalankan lalu monitor dan review," jelas Ketua Dewan Masjid Indonesia itu.

Adapun, Rektor Universitas Yarsi Fasli Jalal mengungkapkan pihaknya sudah mulai bergerak melakukan apa yang disampaikan JK.

"Pendidikan entrepreneur memang harus dikembangkan. Universitas Yarsi sudah mulai mengembangkan. Tim ekonomi sudah duduk membahas pendidikan entrepreneur sehingga bisa menghasilkan dan mensejahterakan," ucapnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat