visitaaponce.com

Tahun Politik Bisa Jadi Momentum untuk Percepat Pengentasan Stunting

Tahun Politik Bisa Jadi Momentum untuk Percepat Pengentasan Stunting
Petugas kader kesehatan desa menimbang balita(ANTARA/ANIS EFIZUDIN)

Kementerian Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) meyakini bahwa tahun politik bisa menjadi momentum untuk mempercepat pengentasan stunting.

"Sesuai arahan presiden kita tidak boleh melupakan kita meskipun saat akan mencalonkan diri sebagai eksekutif maupun legislatif. Saya kira stunting dan kemiskinan ekstrem bisa menjadi muatan politik bagi para calon pemimpin," Staf Ahli Bidang Pembangunan Berkelanjutan Kemenko PMK Agus Suprapto saat dihubungi, Jumat (26/5).

Agus menilai, setiap calon pemimpin harus memperhatikan kepentingan masyarakat, khususnya masyarakat miskin. Adapun, program nyata yang dapat ditawarkan ialah pengentasan stunting dan penurunan angka kemiskinan.

Baca juga: Pemerintah Lakukan Berbagai Inovasi Dalam Penanganan Kemiskinan Ekstrem

Ia melihat, sebenarnya saat ini setiap daerah memiliki semangat yang tinggi untuk mengentaskan stunting. Hal itu dilihat dari anggaran pemda yang kini telah banyak difokuskan untuk penanganan stunting.

Misalnya saja, Kecamatan Mekarsari, Jawa Barat, yang telah mengeluarkan anggaran untuk membeli USG dengan dana desa. Dengan demikian banyak ibu-ibu yang kemudian semangat untuk memeriksakan dirinya dan menjaga kesehatannya saat hamil. Karenanya, ia optimistis bahwa target penurunan stunting 14% pada 2024 dapat tercapai.

Baca juga: BKKBN Optimis Turunkan Stunting hingga 14 Persen di 2024

"Jadi pengentasan stunting dan penanganan kemiskinan menjadi penilaian pemda atau pihak yang mau mencalonkan diri. Semangat itu ada di lapangan dan masih sangat seksi untuk dibicarakan. Saya kira ini menjadi momentum yang baik," pungkas Agus. (Ata/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat