visitaaponce.com

Polusi Udara di Jakarta Masih Berbahaya bagi Kesehatan

Polusi Udara di Jakarta Masih Berbahaya bagi Kesehatan
Kondisi polusi udara di Jakarta beberapa hari terakhir berdampak buruk bagi kesehatan manusia, terutama organ paru.(Antara)

POLUSI udara yang buruk akan berdampak pada kesehatan manusia, terutama pada organ paru. Bila terus mengalami masalah, bisa menimbulkan kardiovaskuler.

"Risiko ini meningkat pada anak anak, lansia, perempuan, terlebih lagi perempuan hamil. Risiko serangan sesak dan batuk juga akan bertambah pada pasien asma dan Penyakit paru obstruksi Kronik (PPOK)," kata Dokter spesialis paru RS Persahabatan dr Erlina Burhan saat dihubungi, Selasa (6/6).

Kondisi polusi udara di Jakarta dalam beberapa hari terakhir berada pada status buruk. Berdasarkan laporan tersebut bahwa udara yang dihirup masyarakat dalam kondisi yang tidak baik-baik saja.

Baca juga: Kualitas Udara DKI Memburuk, Greenpeace Tagih Janji Pemprov DKI Atas Gugatan yang Dimenangkan Warga 2021 Silam

Kondisi tersebut berdampak terhadap tatanan masyarakat. Tidak hanya pengendara kendaraan atau pejalan kaki saja, mereka yang ada dalam ruangan pun bisa terdampak polusi udara.

"Jika di indoor saja terdampak tentu saja masyarakat yang mayoritas kegiatannya di luar ruangan mendapatkan paparan yang lebih dan risiko lebih tinggi. Ditambah lagi menurut WHO 80% dari polusi udara sebenarnya berasal dari transportasi," ujar Erlina.

Baca juga: KLHK Gandeng Pemerintah Daerah Jabodetabek untuk Atasi Polusi Udara

Polusi udara itu menjadi oencetus serangan asma. "Mari kita sama-sama kurangi polusi dengan meningkatkan penggunaan transportasi umum atau ramah lingkungan. Bila kualitas udara sangat buruk sebaiknya memakai masker bila harus keluar rumah. Polusi udara adalah masalah yang harus diatasi secara lintas sektor kesehatan, lingkungan, industri, pengambil kebijakan, dan lainnya," pungkasnya. (Z-3)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Thalatie Yani

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat