visitaaponce.com

Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat

Ganjar Pranowo Ajak Masyarakat Terapkan Pola Hidup Sehat
Ganjar Pranowo.(ANTARA/M RISYAL HIDAYAT)

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengajak semua lapisan masyarakat menerapkan pola hidup sehat, salah satunya melalui Program Septic Tank Mini Sederhana Ekonomis Higienis Aman Tertib atau yang disingkat Seni Sehat.

"Program Seni Sehat ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap karya masyarakat terkait pola hidup sehat," kata Ganjar seperti dilansir dari Antara.

Ganjar menjelaskan bahwa Program Seni Sehat tersebut menjadi jurus ampuh bagi Pemprov Jateng untuk mengubah pola hidup masyarakat menjadi sehat sebab selain dapat diterapkan di lahan sempit, air yang keluar dari septic tank juga dapat diproses menjadi air jernih sehingga aman bagi lingkungan serta tidak perlu dilakukan pengurasan.

Baca juga: Hingga Pertengahan Juli, telah Ada 44 Ribu Kasus DBD

Teknologi Seni Sehat merupakan inovasi dari pemenang kompetisi reativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) Jawa Tengah 2020. Saat ini, Seni Sehat telah diterapkan diantaranya, Kabupaten Cilacap, Banyumas, Demak, Magelang dan sebagian Pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Ganjar mengatakan pemerintah tentu mengapresiasi jika masyarakat punya karya dari hasil riset, pengembangan dan bisa diaplikasikan. "Tentu kita senang, dan sudah difasilitasi oleh pemerintah provinsi setiap invensi yang ada itu didaftarkan ke HAKI sehingga nanti tidak ditiru lagi. Jadi ini karya dari warga diterapkan untuk warga dan difasilitasi pemerintah," ujarnya.

Baca juga: KPK: Korupsi di Indonesia Mengganggu Pendidikan Hingga Kesehatan

Menurut Ganjar, Program Seni Sehat cocok untuk diterapkan di desa karena bisa menggerus budaya buang air besar di empang yang telah lama dilakukan masyarakat.

"Jadi masyarakat yang sekarang ini masih banyak buang air besar di empang sekarang mulai pelan-pelan kami geser bisa buang air di jamban. Ada tradisi warga buang air besar di empang karena ada ikannya," katanya.

Selain penerapan Program Seni Sehat, Ganjar memastikan akan terus melakukan edukasi kepada masyarakat terkait dengan pentingnya buang air besar di tempatnya. "Ini sambil kami edukasi, beri contoh, pemerintah membeli karya Krenova dari temuan masyarakat. Inovatornya ada di masyarakat kemudian kami budayakan," ujarnya. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat