visitaaponce.com

BRIN Gandeng Jepang untuk Kembangkan Navigasi Satelit

BRIN Gandeng Jepang untuk Kembangkan Navigasi Satelit
Ilustrasi(MI)

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menggandeng National Space Policy Secretariat Cabinet Office (CAO-NSPS), institusi antariksa asal Jepang, untuk mengembangkan teknologi sistem navigasi satelit. Kedua belah pihak telah melakukan penandatanganan komitmen awal dalam bentuk  letter of intent di Gedung BJ Habibie, Kompleks BRIN, Jakarta, Selasa (25/7).

"Penandatanganan LOI adalah sebuah titik awal. Selanjutnya, kami tentu berharap ada serangkaian implementasi konkret yang memberikan manfaat kepada semua pihak," kata Deputi Bidang Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN Hendrian.

Pemanfaatan satelit, imbuhnya, tentu amat sangat dibutuhkan oleh negara kepulauan, seperti Indonesia. Oleh karena itu, langkah-langkah strategis seperti berkolaborasi dengan pihak asing menjadi sebuah kewajiban.

Baca juga: Sukses Meluncur, Satelit SATRIA Akan Ciptakan Pemerataan Akses Internet

Kepala Organisasi Riset Elektronika dan Informatika BRIN Budi Prawara memandang ada potensi pemanfaatan dari Quasi Zenith Satellite System (QZSS) yang dikembangkan dan dioperasikan oleh Jepang.

QZSS merupakan satelit pemosisi yang memiliki akurasi tinggi, sehingga bermanfaat dalam pengembangan sistem kendaraan listrik otonom dan juga smart buoy yang kini sedang dikembangkan BRIN.

Baca juga: Amazon Kucurkan US$120 Juta Bangun Ribuan Satelit Internet

"Semua kendaraan otonom yang bergerak dari lokasi awal ke tujuan harus ada yang memandu, salah satunya menggunakan sistem pemosisi global atau GPS yang akurat untuk meminimalkan terjadi tabrakan," ucap Budi.

Dalam waktu dekat, BRIN juga akan menggelar lokakarya mengenai teknologi sistem navigasi satelit. Para pembicara ahli dari Jepang bakal didatangkan ke Indonesia.

"Kita harap itu menjadi momen transfer pengetahuan yang membuka algoritma periset untuk membangun receiver pada sistem navigasi satelit," tandasnya. (Ant/Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat