visitaaponce.com

Polda Sumbar Gelar Upacara Bendera di Dasar Laut

Polda Sumbar Gelar Upacara Bendera di Dasar Laut
Upacara bendera dalam rangka HUT ke-78 RI di dasar laut dekat Pulau Sinyaru, Padang, Sumatra Barat, Kamis (17/8).(MGN/AFRIYANDI)

DALAM rangka memeriahkan HUT ke-78 RI, Direktorat Polisi perairan dan Udara Polda Sumatra Barat menggelar upacara pengibaran bendera merah putih bawah laut, Kamis (17/8). Upacara dilakukan oleh puluhan penyelam gabungan TNI, Polri dan Basarnas, di kawasan pulau Sinyaru, Kecamatan Bungus Teluk Kabung, Kota Padang.

Dengan menggunakan sejumlah kapal milik Polda Sumbar dan Basarnas Padang, sedikitnya empat puluh penyelam dikerahkan untuk melaksanakan upacara bendera. Tim penyelam tersebut berasal dari penyelam Polda Sumbar, TNI, dan Basarnas Padang.

Tepat pukul 10.00 WIB upacara dimulai, sebagai inspektur upacara di bawah laut langsung dilakukan oleh Wakapolda Sumbar Brigadir Jenderal Edi Mardianto, serta Komandan Satuan Brimob Polda Sumbar Kombes Joni Afrijal selaku perwira upacara. Upacara pun berlangsung dengan khidmat selama satu jam.

Baca juga: Freeport Pecahkan Rekor Dunia Pembentangan Bendera Merah Putih

Di dalam laut berkedalaman 30 meter, bendera merah putih dikibarkan, Edi mengatakan upacara tersebut sebagai bentuk kecintaan terhadap Indonesia dan perwujudan dari solidaritas TNI-Polri dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Baca juga: Sambut HUT RI, Pemprov DKI Jakarta Bagikan 30.000 Bendera Merah Putih

Dipilihnya Pulau Sinyaru sebagai tempat upacara lantaran alam bawah lautnya merupakan salah satu destinasi wisata bawah laut terbaik di Padang. Lagipula arus bawah lautnya tenang serta banyak memiiliki spot untuk olahraga selam serta wisata. (Z-6)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Budi Ernanto

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat