visitaaponce.com

Peran Jumantik harus Dioptimalkan untuk Berantas Nyamuk DBD

Peran Jumantik harus Dioptimalkan untuk Berantas Nyamuk DBD
Seorang kader Juru Pemantau Jentik (Jumantik) memasukkan obat pemberantas jentik nyamuk ke dalam bak penampungan air milik warga.(ANTARA FOTO/Andi Bagasela)

MENTERI Koordinator Bidang  Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy mengatakan bahwa Indonesia adalah negara endemis demam berdarah dengue (DBD).

Nyamuk demam berdarah hidup dan berkembang biak di negara beriklim tropis dan subtropis seperti di Indonesia, sehingga berisiko tinggi terjadi penularan virus demam berdarah dengue.

"Dalam upaya untuk memberantas dan mencegah penyebaran DBD, peran juru pemantau jentik (Jumantik), sangat diperlukan. Jumantik bertugas memantau jentik nyamuk yang ada di sekeliling tempat tinggal, terutama di tempat-tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk seperti di bak mandi karena jarang dikuras, genangan air di sampah kaleng atau plastik kemasan air minum. Sarang nyamuk tersebut hendaknya diberantas segera agar tidak menimbulkan DBD," kata Muhadjir Effendy dalam pidatonya yang dibacakan oleh Deputi Koordinasi bidang Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Kependudukan,  Y.B Satya Sananugraha saat membuka seminar edukasi bertema Penguatan layanan kesehatan melalui peningkatan peran jumantik untuk menanggulangi kasus DBD di Indonesia, Selasa (29/8).

Upaya mengatasi DBD di Indonesia, HIT dari PT Godrej Consumer Products Indonesia, KlikDokter, dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan menggelar edukasi untuk para Jumantik bagaimana memberantas sarang nyamuk dan pencegahan DBD. Sekaligus peluncuran  E-Book Pedoman Penanggulangan DBD di Lingkungan Rumah dan Kantor.

“Tujuan besar HIT sangat jelas yaitu menciptakan Indonesia yang bebas dari nyamuk dan bebas dari DBD. Melalui produk-produk kami yang inovatif dan efektif, HIT berusaha untuk melindungi masyarakat Indonesia dari ancaman nyamuk pembawa penyakit ini,” jelas Basuki, Direktur PT Godrej Consumer Products Indonesia.

baca juga: DPRD DKI Jakarta Usulkan Honor Kader Jumantik dan Posyandu Dinaikkan

Selain produk yang efektif, HIT juga melakukan berbagai inisiatif nyata untuk mewujudkan tujuan besar ini. Mulai dari kegiatan sampling door-to-door, serta menawarkan produk dengan harga yang terjangkau, hingga kerjasama dengan berbagai instansi dan organisasi dalam upaya bersama memerangi DBD.

Salah satu bentuk kerja sama dalam upaya mewujudkan tujuan besarnya, HIT menggandeng Jumantik yang memiliki peran sentral dalam upaya pencegahan dan pengendalian DBD.

Jumantik berperan dalam pemantauan lingkungan untuk mengidentifikasi potensi sarang nyamuk, menyebarkan informasi kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan DBD, dan membantu dalam tindakan pemberantasan sarang nyamuk di rumah dan sekitarnya.

Di masyarakat, Jumantik menjadi agen perubahan dengan mengedukasi tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, menghilangkan tempat-tempat berpotensi menjadi sarang nyamuk, dan melaporkan kondisi yang memerlukan tindakan lebih lanjut kepada pihak berwenang. (N-1)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat