visitaaponce.com

Perbedaan Cappuccino, Latte, Mochaccino, dan Kopi Susu

Perbedaan Cappuccino, Latte, Mochaccino, dan Kopi Susu
Perbedaan kopi dan cara membuatnya(Ist)

Siapa yang tidak mengenal jenis minuman satu ini? Kopi memiliki sejarah yang panjang, sehingga dalam perjalanannya ditemukan berbagai teknik pembuatan kopi dan ragam variasi.

Salah satu varian adalah mencampurkan antara kopi dengan susu, sehingga menghasilkan minuman seperti kopi susu, latte, cappucino, hingga mochacino. Mungkin bagi orang awam, kopi susu dan latte itu sama, namun terdapat perbedaan yang sangat mendasar.

Perbedaan Cappuccino, Latte, Mochaccino dan Kopi Susu

Berikut perbedaan dari minuman-minuman tersebut:

Baca juga: Lima Rekomendasi Es Kopi Susu Kekinian Terenak se-Indonesia, Ada Kesukaanmu?

Cappucino

Cappuccino merupakan kopi yang populer dari Italia karena lebih sering dan lebih banyak dikonsumsi. Rasanya yang tidak terlalu pahit seperti espresso, membuat cappuccino lebih mudah diterima oleh lidah semua orang khususnya kalangan muda. Komposisinya terdiri atas espresso dan tambahan susu cair serta busa di atasnya. Ada juga beberapa orang suka mengganti susu dengan bubuk cokelat atau bubuk kayu manis.

Ada alasan di balik penamaan cappuccino. Busa yang terdapat di atas cangkir menyerupai bentuk sebuah topi (cap) yang dikenakan biarawan ordo Capuchin sehingga dinamakan cappuccino.

Baca juga: Kopi untuk Penderita Hipertensi, Bolehkah? Ini Kata Dokter

Seringkali orang sulit membedakan cappuccino dengan café latte, tapi kedua kopi tersebut tentulah berbeda. Takaran untuk satu cangkir cappuccino biasanya 1/3 espresso, 1/3 susu cair, dan 1/3 busa susu. Takaran tersebut idealnya tidak kurang atau lebih.

Latte

Masih berbahan dasar espresso, latte merupakan salah satu jenis kopi yang lebih didominasi oleh susu. Pada dasarnya, latte merupakan campuran kopi dan susu, maka disebutnya café latte. Perbandingan espresso dengan susu yaitu 1 banding 3 hingga 1 banding 9. Di Amerika, latte sangat populer dikarenakan rasanya yang manis dan lembut dibandingkan dengan espresso.

Hal yang membuat latte berbeda dengan cappuccino adalah takarannya sebanyak 1/6 espresso, 4/6 susu cair, 1/6 busa susu. Karena tekstur kopinya yang encer, latte dapat dinikmati sebagai hidangan penutup dan dapat ditambahkan berbagai perasa. Busa yang ada pada latte juga sering digunakan barista untuk membuat latte art atau gambar yang menarik.

Mochaccino

Mochaccino hampir sama dengan cappuccino, bahkan dari segi takaran pun sama. Mochaccino juga campuran dari espresso dan susu. Namun, ada bahan tambahan lain yaitu cokelat, dengan rincian 2/5 cokelat, 2/5 espresso, 1/5 susu cair.

Sederhananya, mochaccino adalah cappuccino yang ditambah cokelat. Orang Italia biasanya menikmati mochaccino dengan ditambahkan sambuca, sejenis minuman beralkohol dengan 3 biji kopi mengambang di atasnya.

Mochaccino termasuk minuman yang banyak mengandung kalori karena kandungan yang ada di dalam campuran kopi yakni susu dan cokelat. Semakin manis tentu semakin tinggi kalorinya. Mochaccino ini bukan menjadi pilihan bagi para pencinta kopi yang tidak menyukai varian rasa dan lebih memilih mengonsumsi kopi murni dengan rasa yang kuat.

Kopi Susu

Kopi susu adalah campuran kopi dan susu yang paling sederhana. Yakni kamu cukup menyeduh kopi menjadi espresso (kopi hitam murni tanpa campuran bahan lain) kemudian setelah espresso tersebut dituangkan ke dalam gelas, diikuti dengan menuangkan susu murni segar secara langsung. Minuman ini umumnya disajikan dingin dengan es batu. (Z-10)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Gana Buana

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat