visitaaponce.com

Resmi Dilantik, Asphirasi Ingin Tekan Kasus Penipuan Haji dan Umrah

Resmi Dilantik, Asphirasi Ingin Tekan Kasus Penipuan Haji dan Umrah
Pengurus DPP Aliansi Pengusaha Haramain Seluruh Indonesia (Asphirasi) resmi dilantik hari ini, dengan Ketua Umum Asphirasi H Amaludin Wahab.(Ist)

PENGURUS DPP Aliansi Pengusaha Haramain Seluruh Indonesia (Asphirasi) resmi dilantik hari ini.

Ketua Umum Asphirasi H Amaludin Wahab mengatakan Asphirasi didirikan untuk berperan aktif memberikan edukasi kepada masyarakat.

Untuk itu, Asphirasi akan melakukan pengawasan dengan berupaya memfilter anggota-anggota di Asphirasi sebagai bentuk tanggung jawab pengurus Asphirasi dalam menjalankan visi dan misinya.

Baca juga: 500 Jemaah Umrah Ditipu dan Ditelantarkan di Arab Saudi, Ini Kronologis Kasusnya

“Harapan kami dengan Asphirasi ini benar-benar memberikan manfaat dan kepercayaan bagi masyarakat. Semoga Asphirasi menjadi rekomendasi bagi masyarakat dalam memilih travel-travel,” ujar Amaludin pada acara Pelantikan Pengurus Asphirasi, di Tangerang, Rabu (20/9).

Pada kesempatan itu, Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Kementerian Agama (Kemenag) Dr Drs H Nur Arifin MPd mengatakan kehadiran Asphirasi sebagai asosiasi baru diharapkan dapat memberikan penguatan dalam pelayanan haji dan umrah kepada jemaah.

Kemenag, kata Nur Arifin, dalam melakukan koordinasi telah menyediakan satgas untuk membantu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

“Kemenag akan terus berkoordinasi dan mengawasi penyelenggara haji dan umrah. Karena itu, Kemenag mengajak memberikan layanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Nur Arifin.

Baca juga: Komnas Haji dan Umrah: Perlu Tindakan Tegas Agar Kasus Penipuan PT NSWM tidak Lagi Berulang

Sebelum melakukan perjalanan haji dan umrah, Nur Arifin juga meminta jemaah haji dan umrah untuk memastikan penggunaan travel berizin, jadwal tiket berangkat dan pulang, penginapan hotel di Mekkah dan Madinah, serta visa.

Ketua Harian Asphirasi Hj Nurbaeti menjelaskan kehadiran Asphirasi bisa jadi wadah untuk meminimalisasi penipuan dalam penyelenggaraan haji dan umrah.

Nantinya, Asphirasi memberikan edukasi kepada calon jemaah umrah dan haji di seluruh Indonesia agar dapat memilih travel dan agen yang amanah sehingga bisa berangkat tanpa tertipu lagi.

Ke depan, tambahnya, Asphirasi akan membuat sebuah platform untuk mempermudah calon jemaah umrah dan haji.

“Insya Allah kehadiran Asphirasi bisa membantu Kemenag mengatasi hal itu. Untuk mendapatkan kepercayaan publik, kami akan menyosialisasikan melalui podcast sebagai langkah edukasi kepada jemaah,” pungkasnya. (RO/S-2)
 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat