visitaaponce.com

Menteri Nadiem Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang pada 30 September

Menteri Nadiem Imbau Kibarkan Bendera Setengah Tiang pada 30 September
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim berpose dengan salah satu arca peninggalan Kerajaan Singasari yang dikembalikan ke Indonesia(Dok. Kemendikbdristek )

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud-Ristek) Nadiem Makarim mengimbau kepada seluruh kantor instansi pemerintah dari pusat hingga daerah untuk mengibarkan bendera Merah Putih setengah tiang pada 30 September.

Instruksi itu dituangkan dalam surat Mendikbud Nomor 31328/MPK.F/TU.02.03/2023 tentang Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023.

“Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri, satuan pendidikan serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2023 agar mengibarkan bendera setengah tiang,” mengutip surat yang ditandatangani Nadiem, Jumat (29/9).

Baca juga: Mahasiswa Jangan Cuma Belajar di Kampus

Pengibaran bendera setengah tiang pada tahun-tahun sebelumnya sudah dilakukan untuk mengenang para pahlawan yang wafat dalam tragedi 30 September 1965 silam.

Keesokan harinya, 1 Oktober diimbau untuk mengibarkan bendera Merah Putih secara penuh untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila.

Baca juga: Komisi X akan Panggil Nadiem terkait Kebakaran Museum Nasional

“Tanggal 1 Oktober 2023 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh,” tulis Nadiem.

Diketahui untuk merayakan Hari Kesaktian Pancasila 2023, Nadiem mengusung tema ‘Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju’. Upacara tersebut akan dilaksanakan pada Minggu, 1 Oktober di Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur, pukul 08:00 WIB.

Nadiem meminta agar kepala daerah, forum koordinasi, pimpinan daerah, kantor atau lembaga serta satuan pendidikan turut menggelar upacara pada 1 Oktober di tempat masing-masing. (Dis/Z-7)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat