visitaaponce.com

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Ganjar Soroti Gaji Guru Honorer

Tingkatkan Mutu Pendidikan, Ganjar Soroti Gaji Guru Honorer
Nasib guru khususnya gaji guru honorer perlu disejahterakan agar para lulusan terbaik perguruan tinggi mau mengabdikan diri menjadi guru.(Ant)

ISU pendidikan mendapatkan perhatian pasangan capres Ganjar Pranowo-cawapres Mahfud MD. Keduanya berkomitmen menaikkan gaji guru demi meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Pada buku mengenai visi dan misi serta program kerjanya antara lain menyoroti nasib guru khususnya gaji guru honorer yang harus dinaikkan dan disejahterakan.

Baca juga: Diskusi dengan Tokoh Lintas Agama, Ganjar Jamin Perhatikan Kesejahteraan Guru Ngaji

Saat menjadi pembicara pada Forum Alumni Perguruan Tinggi se-Indonesia di The Ballroom XXI Djakarta Theater, Jakarta, baru-baru ini misalnya, Ganjar menyoroti upah guru selain infrastruktur pendidikan.

Ini dilakukan demi meningkatkan kualitas pendidikan yang secara tidak langsung meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia sehingga bisa bersaing di tingkat global.

Dia berpendapat bahwa peningkatan pendapatan guru dapat menjadi daya tarik bagi para lulusan baru untuk memilih profesi pengajar.

"Kalau mereka dari 10 besar lulusan perguruan tinggi terbaik mau jadi dosen ngga? Mau jadi guru ngga? Rasanya hanya sedikit orang, tetapi kalau pendapatan mereka lebih bagus, menurut saya ini bagian cara kita menghormati guru dan profesi ini jadi profesi bergengsi,” tutur Ganjar.

Baca juga: Ganjar Pranowo Sebut Dirinya Diundang ke UI Karena Survei

Calon Presiden yang diusung PDIP, Perindo, PPP, dan Hanura ini melihat memberikan gaji yang lebih baik kepada guru adalah bentuk penghormatan terhadap profesi guru serta akan meningkatkan gengsi yang melekat padanya.

Dia menyoroti hanya sedikit lulusan terbaik yang ingin menjadi dosen atau guru, sehingga memberikan pendapatan lebih baik adalah langkah penting untuk mengubah persepsi tentang profesi guru.

Sebagai mantan Gubernur Jawa Tengah dua periode, Ganjar mengakui, memperbaiki upah guru honorer di Jawa Tengah. Gaji guru honorer yang sebelumnya hanya sekitar Rp200 ribuan meningkat hingga 10 kali lipat, mencapai angka Rp2 jutaan.

"Pendidikan berkualitas bukan hanya persoalan infrastruktur, tapi juga terkait kualitas guru. Maka itu, guru mesti diperhatikan," tutupnya. (RO/S-2)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Sidik Pramono

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat