visitaaponce.com

Temulawak akan Diproyeksikan Saingi Ginseng dari Korsel

Temulawak akan Diproyeksikan Saingi Ginseng dari Korsel
Calon pembeli memilih temulawak di Pasar Kramat Jati, Jakarta Timur.(Antara)

TEMULAWAK akan diproyeksikan menjadi tanaman kesehatan atau tanaman obat asli Indonesia yang akan menjadi ciri khas oleh-oleh dari Tanah Air. Bahkan temulawak diproyeksikan akan bisa menandingi popularitas ginseng dari Korea Selatan (Korsel).

"Masing-masing negara memiliki tanaman unggulan, dan paling diingat adalah Korea Selatan dengan ginseng. Bahkan tiap menteri hingga presiden memberi oleh-oleh Korsel kepada pejabat negara lain, ini sebagai promosi luar biasa dari pemerintah untuk promosikan kesehatan ginseng," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi dalam Hari Kesehatan Nasional di JCC, Jakarta, (9/11).

Baca juga: Obat Tradisional Cap Lang Tembus Pasar Afrika Selatan

Ia menceritakan bahwa masih banyak masyarakat yang meninggal karena kanker hati mulai dari hepatitis, fibrosis hati, sirosis, hingga terkena kanker hati. Kasus-kasus tersebut membuat kanker hati menempati posisi nomor 2 angka kematian tertinggi setelah kanker paru.

Dulu, lanjut Budi, kanker hati disebabkan karena virus maka diberikan imunisasi. Namun sekarang kanker hati disebabkan oleh masalah metabolisme yakni fatty liver. Bahkan Budi mengatakan bahwa dirinya sudah 10 tahun didiagnosa fatty liver yang bisa sebabkan kanker hati.

Baca juga: Dosen IPB Racik Bawang Dayak sebagai Minuman Fungsional Antidiabetes

"Saya sudah 10 didagnosa fatty liver, tapi ternyata ada tanaman Indonesia yang bisa mengobati fatty liver yakni temulawak karena tumbuhan tersebut mengandung antioksidan kurkumin," ujar dia.

"Sehingga temulawak itu akan menjadi tanaman Indonesia yang akan dipromosikan. Syukur-syukur bisa seperti ginseng karena banyak manfaatnya juga mengandung banyak antioksidan," tambahnya.

Oleh karena itu perlu banyak bantuan dari para ahli untuk menggali dan mengkaji manfaat lain apa yang terkandung pada temulawak untuk mempromosikan dan memaketkan agar temulawak menjadi obat yang bagus bagi kesehatan.

(Z-9)

 

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat