visitaaponce.com

UPN Veteran Jakarta Sambangi Universitas Lobachevsky Rusia untuk Perkuat Kerja Sama

UPN Veteran Jakarta Sambangi Universitas Lobachevsky Rusia untuk Perkuat Kerja Sama
Kunjungan delegasi UPN Veteran Jakarta ke Universitas Negeri Lobachevsky Nizhny Novgorod di Rusia.(MI)

Delegasi Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) menyambangi Universitas Negeri Lobachevsky Nizhny Novgorod (UNN), Rusia, Selasa (21/11).

Kunjungan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerja sama dalam berbagai proyek ilmiah dan pendidikan di antara kedua universitas yang sudah terjalin sejak Maret lalu.

Delegasi UPNVJ diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Istiyanto Bekti dan didampingi Kepala Jurusan Komunikasi Munadhil Abdul Muqsith. Bekti mengatakan UPNVJ aktif menjalin kerja sama dengan berbagai kampus di berbagai negara.

Baca juga: Perguruan Tinggi Berperan Memajukan Industri Manufaktur Material Komposit Polimer

“Kami terus mengupayakan implementasi kerjasama melalui berbagai program kerjasama ilmiah dan pendidikan internasional dengan berbagai kampus di berbagai negara," ujar Bekti.

Disambut oleh Wakil Rektor Bidang Kegiatan dan Jaringan Internasional Alexander Bedny, Deputy Wakil Rektor Konstantin Kemaev, Direktur Institut Filologi dan Jurnalisme Larisa Zhukovskaya, serta Wakil Direktur Institut Filologi dan Jurnalisme Lyudmila Makarova, para delegasi UPNVJ duduk bersama membahas berbagai kerjasama yang akan segera diwujudkan.

Baca juga: Jaga Keseimbangan Ekosistem, Universitas Prasetiya Mulya Bangun Pocket Forest

Beberapa kerja sama ilmiah dan pendidikan yang akan diusung di antaranya adalah pertukaran program akademik, pengembangan penelitian ilmiah, proyek bersama untuk mempelajari teknologi pemeriksaan fakta, konferensi bersama, dan interaksi di bidang pembelajaran bahasa Rusia sebagai bahasa asing untuk pelajar Indonesia.

Tidak hanya itu, kedua pihak juga membahas tentang prospek pembuatan program pendidikan serta kursus singkat di bidang jurnalisme internasional dan hubungan internasional. Delegasi UPNVJ bahkan menyatakan minat yang besar untuk bekerja sama di bidang lain, seperti di bidang kedokteran fundamental dan klinis, pertanian dan bioteknologi, ilmu material, ilmu komputer, ekonomi, serta hukum internasional.

Di sela kunjungannya, delegasi UPNVJ juga berkesempatan memberikan kuliah tamu kepada para mahasiswa jurusan hubungan masyarakat dan jurnalistik Institut Filologi dan Jurnalisme UNN. Topik yang disampaikan Bekti adalah ‘Komunikasi Untuk Solusi Konflik Sosial Budaya - Studi Kasus Peran Komunikasi Antar Budaya Di Indonesia’, sedangkan Munadhil menyajikan topik ‘Sistem Media di Indonesia’.

Tidak hanya memberikan kuliah, delegasi UPNVJ juga berkesempatan mengunjungi Media Center UNNdan mengintip isi laboratorium media yang dimiliki kampus UNN. Menurut Bekti, pengelolaan laboratorium dan sinergi antar matakuliah praktik yang diterapkan di UNN bisa menjadi referensi untuk diterapkan di FISIP UPNVJ. (Z-11)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Andhika

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat