visitaaponce.com

Menkes Pastikan Pneumonia di Tiongkok Bukan Disebabkan Virus atau Bakteri Baru

Menkes Pastikan Pneumonia di Tiongkok Bukan Disebabkan Virus atau Bakteri Baru
Rumah Sakit di Tiongkok dipenuhi oleh pasien anak yang terserang pneumonia misterius.(AFP)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyampaikan wabah pneumonia yang menyerang anak- anak di Tiongkok, bukan disebabkan oleh virus atau bakteri baru. Pneumonia adalah peradangan paru-paru yang disebabkan oleh infeksi.

Kementerian Kesehatan sudah mengeluarkan surat edaran. Selain itu, adanya Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah meneliti dan memastikan pneumonia itu berasal dari patogen yang sebelumnya sudah ada.

"Jadi bukan virus atau bakteri baru, tapi ini virus dan bakteri lama. Kenapa ini bisa kejadian? saat itu di China kondisi masyarakatnya, kondisi lingkungannya, memang membuat patogen-patogen itu hidup kembali," terang Menkes di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (29/11).

Baca juga: Indonesia Waspadai Wabah Pneumonia Baru dari Tiongkok

Pneumonia itu, ujar Menkes, bukan penyakit baru seperti Covid-19 atau Ebola. WHO, terangnya, telah membuat guideline (panduan) agar negara-negara lain memperketat surveilans.

"Dari WHO minta perketat surveilans saja. Memastikan kalau ada lonjakan-lonjakan penyakit seperti pneumonia ditangani dengan baik," terang Menkes.

Baca juga: Penyakit Saluran Pernapasan Misterius Merajalela di Tiongkok

Obat dan cara mendeteksi pneumonia, sambung Menkes, sudah ada. Untuk para orang tua, ia mengimbau agar asupan makanan anak-anak cukup. Dengan demikian, daya tahan tubuh anak dapat melawan virus ataupun bakteri penyebab pneumonia.

"Para orang tua pastikan makannya (anak-anaknya) cukup karena itu (melawan) virus dan bakteri itu kan yang penting daya tahan tubuh yang baik," ucap Menkes.

(Z-9)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Putri Rosmalia

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat