visitaaponce.com

Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 Selama Nataru, Masyarakat Diimbau Perhatikan Protokol Kesehatan

Antisipasi Kenaikan Kasus Covid-19 Selama Nataru, Masyarakat Diimbau Perhatikan Protokol Kesehatan
Warga menggunakan masker sebagai bagian dari protokol kesehatan(MI/M Irfan)

MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kemanusiaan (Menko PMK) Muhadjir Effendi mengimbau para pemudik untuk tetap memerhatikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi potensi kenaikan kasus Covid-19 selama libur perayaan natal dan tahun baru 2024.

"Yang penting para pemudik ini waspadai adanya Covid-19. Lebih bagus patuh protokol kesehatan tapi nyaman saja liburnya, ibadahnya juga berjalan seperti biasa. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan," ujar Muhadjir seusai hadir dalam rapat paripurna kabinet mengenai natal dan tahun baru yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (11/12).

Menko PMK menuturkan, meskipun Indonesia sudah masuk masa endemi, tetapi Covid-19 masih ada. Oleh karena itu pemerintah menyiapkan vaksinasi bagi masyarakat.

Baca juga : Kasus Covid-19 Bayangi Keceriaan Rencana Libur Nataru

"Ini kan endemi dan memang iya tidak akan hilang sama sekali. Pemerintah menyiapkan vaksinasi," imbuh dia.

Kementerian Kesehatan, ujar Muhadjir, telah menyiapkan vaksinasi bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi ataupun mendapat dosis penguat (booster). Lalu mengantisipasi perayaan natal dan tahun baru, Kemenkes juga menyiapkan 143 posko kesehatan bagi pemudik.

Baca juga : Kasus Covid-19 Melonjak Lagi, Kemenkes Ingatkan Masyarakat Lengkapi Vaksinasi

"Dari Kemenkes ada vaksinasi, bagi mereka yang belum vaksin dan booster. Terus kita siapkan lebih dari 143 posko nataru nanti dari Kemenkes," ucapnya.

Berdasarkan keterangan Kemenkes rata-rata kasus harian covid-19 bertambah 35-40 kasus. Sementara pasien covid-19 yang dirawat di rumah sakit tercatat antara 60-131 orang per 6 Desember, dengan tingkat keterisian rumah sakit saat ini sebesar 0.06% dan angka kematian 0-3 kasus per hari.

Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono mengatakan kenaikan kasus Covid-19 masih terkendali. Kemenkes, sambungnya, menyiapkan stok vaksin sebanyak 4,1 juta.

"Enggak ada sih. Masih belum terlalu signifikan kenaikannya. Masih terkendali," ucap Dante. (Z-5)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com
Editor : Ghani Nurcahyadi

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat