visitaaponce.com

Universitas Ibnu Chaldun Buka Prodi Manajemen Haji dan Umrah

Universitas Ibnu Chaldun Buka Prodi Manajemen Haji dan Umrah
Rektor Universitas Ibnu Chaldun Jakarta Rahmah Marsinah menjalin kesepakatan dengan Visitrip Group membuka program studi baru.(Ist)

PENYELENGGARAAN ibadah haji dan umrah merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan pemerintah untuk mengakomodasi kebutuhan masyarakat muslim di Indonesia.

Rektor Universitas Ibnu Chaldun Rahmah Marsinah mengatakan perguruan tinggi memiliki peran besar dalam menghadirkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas dalam penyelenggaraan haji dan umrah.

"Dengan adanya SDM dan manajemen yang andal tentunya insya Allah dengan tenaga-tenaga yang andal di bidangnya dan mungkin akan tertib. Semoga tidak ada hal-hal selama ini kita dengar ya," ujar Rahmah dalam keterangannya, Jumat (15/12).

Ia menambahkan, saat ini Universitas Ibnu Chaldun Jakarta bekerja sama dengan Visitrip Group membuka program studi baru yaitu Manajemen Haji dan Umrah. Prodi ini merupakan sebuah program pendukung bagi pemerintah dalam menyelenggarakan pendidikan formal di bidang manajemen haji dan umrah.

Dengan hadirnya Prodi Manajemen Haji dan Umrah ini diharapkan dapat membantu mengakomodasi kebutuhan biro perjalanan ibadah haji dan umrah untuk menghadirkan tenaga-tenaga profesional, ahli, dan kompeten di bidang pengelolaan penyelenggara haji dan umrah.

Direktur Utama Visitrip Internasional Grup Muhammad Kaamilul Khuluq berharap kerja sama ini dapat menyediakan SDM profesional, ahli, dan kompeten di bidang pengelolaan penyelenggaraan haji dan umrah.


Baca juga: Pendidikan Vokasi Siapkan SDM Unggul di Berbagai Bidang


"Dengan pendekatan multidimensi, program ini mencakup aspek regulasi, operasional, keuangan, dan manajemen yang diperlukan untuk mengatasi kompleksitas penyelenggaraan ibadah haji dan umrah," tuturnya.

Pembukaan prodi ini untuk mendukung pemerintah dalam memenuhi kebutuhan biro perjalanan haji dan umrah akan tenaga kerja yang terampil dan berkualitas. Prodi ini juga diharapkan menjadi landasan bagi perkembangan industri menuju standar internasional.

"Kami percaya bahwa investasi dalam pendidikan formal di bidang Manajemen Haji dan Umrah akan membantu mengatasi berbagai tantangan dan kompleksitas yang terkait dengan penyelenggaraan ibadah ini, serta memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekosistem bisnis haji dan umrah di Indonesia," jelasnya.

Selain itu, prodi ini juga bekerja sama dengan Bangsamoro Pilgrimage Authority, yang akan menyertakan siswa dari Filipina untuk belajar di Prodi Manajemen Haji dan Umrah Fakultas Ekonomi Universitas Ibnu Chaldun. Prodi ini berada di bawah Fakultas Ekonomi Universitas Ibnu Chaldun Jakarta.

Seperti diberitakan sebelumnya, Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi telah menginformasikan kuota haji 2024 ke sejumlah negara, termasuk Indonesia. Tahun depan, kuota haji Indonesia berjumlah 221.000 jemaah. (RO/I-1)

Cek berita dan artikel yg lain di Google News dan dan ikuti WhatsApp channel mediaindonesia.com

Terkini Lainnya

Tautan Sahabat